Cara Sehat Rasulullah Muhammad saw


Mengatasi Keseleo


Seseorang dikatakan keseleo ataupun terkilir bila ligamen (berkas liat seperti karet yang melekat pada tulang-tulang dan mengikat persendian pada tempatnya) pada lutut, pergelangan kaki atau siku, terlalu diregangkan secara mendadak sehingga ada serat-serat yang putus ataupun robek.
Keseleo sering terjadi pada otot atau urat sendi yang meregang secara mendadak ataupun keadaan duduk yang tidak berubah terus-menerus hingga menyebabkan otot menjadi kaku, bila kita menggerakkannya tidak hati-hati maka akan keseleo. Bila kita mengalami keseleo akan sangat mengganggu aktivitas kerja sehari-hari. Keseleo dapat terjadi pada semua umur, tetapi keseleo lebih sering terjadi pada anak-anak, karena anak-anak sering kali tidak memikirkan bahaya yang akan menimpa mereka pada saat bermain yang terlalu berbahaya.

Sendi anggota gerak biasanya diikat satu sama lain oleh tali-tali sendi, bila tali-tali sendi itu diregangkan secara mendadak, maka besar kemungkinan tali-tali sendi itu putus atau robek. Hal ini dapat terjadi karena jatuh atau terpeleset, berlari, angkat barbel, kecelakaan, kesalahan gerak badan yang menyentak, sehingga persendian bergerak melebihi radius gerak normal. Bagian tubuh yang sering keseleo adalah pergelangan kaki, lengkungan telapak kaki, pergelangan tangan, siku, lutut, ataupun leher. Saat terjadinya keseleo terkadang kita mendengar ada bunyi “krek”. Kadang kita menganggap enteng bagian tubuh yang keseleo, hingga persendian yang keseleo itu terasa nyeri yang semakin lama semakin terasa sakit, yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan pembengkakan pada jaringan otot. Kalau sudah bengkak aktivitas kita menjadi sangat terganggu. Bila kita mau melakukan aktivitas seperti biasanya, usahakan untuk hati-hati dan jangan mengangkat beban yang terlalu berat.

Gejala yang sering terjadi pada saat keseleo adalah;

  • Terasa sangat sakit dan bengkak pada sendi yang keseleo.
  • Kulit akan terlihat berwarna gelap karena adanya pendarahan yang membeku.
  • Persendian jadi sulit digunakan atau terasa tidak stabil bila kita menggerakkannya.
  • Ada rasa yang sangat sakit dan lunak pada bagian yang keseleo.
  • Keseleo pada anak-anak, membuat badannya menjadi panas. Panasnya lebih sering menyerang pada malam hari.</LI.< ul>Bila tubuh mengalami keseleo haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi pembengkakan yang berkepanjangan, yaitu :
    • Untuk pertolongan pertama, taruhlah kompres hangat pada sendi yang keseleo, agar dapat mengurangi rasa sakit.
    • Bila keseleo agak berat taruhlah perban yang elastis pada sendi yang keseleo, selama kurang lebih 3 minggu.
    • Bila keseleonya agak parah, haruslah diistirahatkan selama kurang lebih 1 bulan, karena kalau tidak diistirahatkan persendiaan yang sakit akan semakin parah.
    • Bila ingin berolah raga sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar tidak terjadi cidera yang fatal.
    • Apabila keseleo belum terlalu pulih, usahakan jangan mengangkat beban yang terlalu berat.
    • Persendian yang sakit harus dilatih gerakan ringan, agar tidak menjadi kaku, dan dapat sembuh dengan cepat.
    • Hindari pemakaian sepatu tumit tinggi, karena bila salah melangkah atau tersandung akan mengakibatkan keseleo. Apabila diharuskan untuk memakai sepatu bertumit tinggi usahakan tinggi hak tak melebihi 6 cm.
    • Pijatlah persendian yang sakit dengan tukang pijat yang ahli, karena dengan pijatan bisa memperlancar aliran darah untuk memperkuat dan merenggangkan otot-otot.

Berikut ini adalah beberapa resep dari tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi persendian yang keseleo atau terkilir

Resep Pertama (Pemakaian Luar)
Kucai dan jahe masing – masing secukupnya dicuci dan ditumbuk hingga halus, lalu dicampur dengan tepung terigu yang telah disangrai. Setelah itu, tambahkan arak putih secukupnya, diaduk-aduk, kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.

Resep Kedua (Pemakaian luar)
Kencur, jahe dan lengkuas masing-masing secukupnya dicuci dan diparut, tambahkan beras yang telah ditumbuk dan asam jawa yang telah dihaluskan, campur dengan minyak serai, diaduk lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang keseleo. Lakukan secara teratur.

Resep Ketiga (Pemakaian luar dan dalam)
Daun gandarusa dan temu putih dicuci dan dihaluskan, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk pemakaian dalamnya dapat digunakan 15 gram daun gandarusa kering atau 30 gram yang segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum. Lakukan secara teratur

Resep Keempat (pemakaian dalam)
15-30 gram daun dewa segar, 25 gram temu hitam, dan 25 gram temulawak, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian air rebusannya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

Resep Kelima (Pemakaian dalam)
10 gr umbi daun dewa kering + 2-3 kuntum bunga mawar + direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. Lakukan secara teratur.

Catatan ;
– Wanita hamil dilarang minum rebusan tumbuhan obat di atas
– Pilih salah satu resep pemakaian dalam dan pemakaian luar, lakukan secara teratur.
– Untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel

MENGENDALIKAN KOLESTEROL TINGGI

Kolesterol sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner dan stroke. Hal tersebut dapat terjadi apabila konsentrasi kolesterol dalam darah tinggi yang disebut dengan hiperkolesterolemia. Oleh karena itu, agar kolesterol tidak memicu penyakit harus dikendalikan agar kadarnya tidak berlebihan.

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak seperti lilin dan berwarna kekuningan. Sebagian besar kebutuhan kolesterol tubuh di produksi oleh hati. Di dalam tubuh, kolesterol mempunyai fungsi penting yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme, seperti untuk bahan pembentuk dinding sel, pembentukan hormon misal hormon seks, pembungkus jaringan saraf, membuat vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, bahan pembentukan asam dan garam empedu yang berfungsi untuk mengemulsi lemak, juga untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak. Dengan demikian dalam kadar normal kolesterol mempunyai banyak manfaat, tetapi akan menjadi masalah bagi tubuh jika kadarnya berlebihan.

Trigliserida merupakan lemak utama di dalam tubuh, dibentuk di hati dari gliserol dan lemak yang berasal dari makanan atau dari kelebihan kalori akibat makan berlebihan. Hampir seluruh triglesirida terutama yang bersifat jenuh dapat diserap oleh tubuh. Sehinga pengkonsumsian makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Trigleserida tinggi seringkali berkaitan dengan kegemukan. Kelebihan trigliserida akan ditimbun dalam jaringan di bawah kulit.

Dalam proses pencernaan, sumber lemak dari makanan dipecah menjadi sebagian besar trigliserida dan sisanya merupakan kolesterol, asam lemak bebas, dan fosfolipid. Semua senyawa lemak tersebut diserap ke dalam darah. Kolesterol dan trigliserida berikatan dengan protein tertentu (apoprotein) membentuk lipoprotein sehingga dapat larut dalam darah.

Ikatan lipoprotein tersebut terdiri atas beberapa fraksi yaitu kilomikron, very low density lipoprotein (VLDL), intermediate density lipoprotein (IDL), low density lipoprotein (LDL), dan high density lipoprotein (HDL). Diantara ikatan lipoprotein tersebut yang paling perlu diketahui adalah LDL atau lipoprotein densitas rendah dan HDL atau lipoprotein densitas tinggi. LDL dan HDL mempunyai fungsi yang berlawanan. LDL bersifat efek aterogenik dan disebut juga dengan kolesterol jahat karena mudah melekat pada pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak yang lambat laun mengeras (membentuk flak) dan menyumbat pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri). Proses aterosklerosis yang terjadi di pembuluh darah jantung dapat memicu terjadinya jantung koroner, apabila terjadi di pembuluh darah otak dapat menyebabkan terjadinya stroke. HDl disebut juga dengan kolesterol baik karena mempunyai efek antiaterogenik yaitu mengangkut kolesterol bebas dari pembuluh darah dan jaringan lain menuju hati selanjutnya mengeluarkannya lewat empedu.

Kadar LDL yang tinggi cenderung disertai dengan kadar trigliserida yang tinggi pula, sedangkan apabila kadar HDL tinggi maka kadar trigliserida cenderung rendah.
Pedoman profil lemak darah menurut Konsensus Nasional Dislipidemia di Indonesia

Gaya hidup modern berkaitan erat dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kolesterol dan trigliserida tinggi, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat menyebabkan kegemukan, kurang mengkonsumsi serat, merokok, kurang berolah raga dan stress. Kolesterol tinggi juga dipengaruhi olah faktor genetik dan usia, kecuali kedua faktor tersebut, faktor lainnya dapat dikontrol/dikendalikan.

Untuk usaha pencegahan dan pengendalian kolesterol dan trigliserida tinggi diperlukan perbaikan sikap dan gaya hidup yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya yaitu :
mengendalikan berat badan : pengurangan berat badan mampu membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL.

Olah raga secara teratur dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kadar HDL.
Mengatur pola makan : membatasi makanan berlemak dan kolesterol tinggi, serta membiasakan banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan serat larut yang dapat membantu membuang kolesterol. banyak makan ikan laut yang mengandung asam lemak tak jenuh majemuk yang membantu menurunkan kolesterol.

Mengubah kebiasaan : meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minuman beralkohol dan perilaku tidak sehat lainnya.

Tanaman yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi diantaranya mempunyai mekanisme kerja sebagai berikut :
merangsang sekresi cairan empedu sehingga kolesterol akan keluar bersama cairan empedu menuju usus dan selanjutnya dibuang.
Merangsangsang sirkulasi darah sehingga mengurangi terjadinya pengendapan lemak pada pembuluh darah.

Beberapa jenis tumbuhan berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kolesterol tinggi antara lain :
1.Daun Salam (Syzigium polyanthum Walp.)
2.Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
3.Bawang Putih (Allium sativum L.)
4.Bawang Bombay & Bawang merah (Allium cepa L.)
5.Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza)
6.Kunyit (Curcuma longa L.)
7.Jamur kuping hitam (Auricularia sp.)
8.Rumput Laut (Laminaria japonica)
9.Terung Ungu (Solanum melongena)
10.Daun Dewa (Gynura segetum [Lour] Merr.)
11.Daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens Back.)
12.Daun jambu biji (Psidium guajava)
13.Daun Ceremai (Phyllanthus acidus)
14.Kulit Polong kacang tanah

Berikut beberapa contoh resep ramuan tumbuhan obat untuk menurunkan kolesterol tinggi :
Resep 1.
15 lembar daun salam + 2 buah mengkudu yang matang (dipotong-potong), dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 2.
30 gram temu lawak (dikupas dan diiris-iris) + 15 gram daun dewa, semua bahan dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 3.
2-3 siung bawang putih dihaluskan, diseduh dengan 150 cc air panas, lalu diminum.

Resep 4.
10 lembar daun jambu biji + 30 gram daun ceremai, semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Catatan :
– pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
– Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.

Food terapy (Masakan untuk membantu menurunkan kolesterol)
– Terung ungu dikukus, dikasih sambal, lalu dimakan. Lakukan setiap hari
– 15-30 gram jamur kuping hitam dimasak sop bersama bahan-bahan lain, lalu dimakan.

PENYEMBUHAN EKSIM

Eksim adalah reaksi alergi terhadap kulit, yang ditandai dengan timbulnya warna kemerahan pada kulit. Penyakit eksim ini dalam dunia kedokteran biasanya disebut juga dengan atopic dermatitis. Penyakit eksim ini bila tidak diobati akan mengakibatkan terjadinya pemborokan dan bisa menjalar ke setiap kulit yang belum terinfeksi. Gaya hidup kita ikut berperan penting dalam menyuburkan jamur pada kulit. Faktor luar yang menjadi pemicu utama berjangkitnya penyakit kulit seperti eksim ini adalah alam tropis Indonesia yang sangat panas dan lembab menyuburkan semua penyakit kulit, karena badan kita lebih sering mengeluarkan keringat. Kegemukan, stres, penyakit menahun seperti TBC atau Diabetes Mellitus, dan status sosial ekonomi yang rendah juga dapat menjadi pemicu datangnya penyakit eksim. Eksim lebih sering menyerang pada orang-orang yang berbakat alergi. Penyakit ini cenderung diturunkan dalam keluarga, terutama pada keluarga yang memiliki sejarah alergi terhadap makanan ataupun barang-barang tertentu. Penyakit eksim dapat terjadi pada siapapun, dari balita sampai orang dewasa.Penyakit eksim dapat timbul karena kulit tidak tahan terhadap zat-zat tertentu seperti kosmetik yang tidak cocok terhadap kulit ataupun bahan-bahan kimia lainnya. Makan-makanan seperti coklat, susu, dan makanan laut seperti udang, kepeting, cumi-cumi dan lain-lain. Pakaian yang tidak menyerap keringat, deterjen, perhiasan imitasi juga dapat menimbulkan eksim.Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim adalah :
Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.
Rasa gatal terutama terasa pada malam hari.
Akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang akan disertai dengan pembengkakan.
Eksim akan sangat cepat sekali penularannya kepada kulit yang lain.
Eksim dapat dibedakan menjadi 2 yaitu eksim kering dan eksim basah. Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal. Sedangkan pada eksim basah kulitnya akan tampak merah, bengkak, melepuh, dan basah, timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.

Daerah-daerah yang sering terjangkit penyakit eksim adalah : pada sela-sela jari tangan atau kaki, dan daerah-daerah lipatan tubuh, seperti sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher. Penyakit eksim sering terjadi secara berulang-ulang atau kambuh, oleh karena itu harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alegi (alergen).

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh para penderita penyakit eksim adalah :

  • Jangan terlalu sering mandi (karena kalau terlalu sering basah maka akan susah keringnya) atau bila perlu di lap saja.
  • Bila akan mandi gunakan air hangat-hangat kuku (jangan terlalu panas).
  • Hindari pengunaan sabun pada daerah yang terserang eksim karena bila daerang yang terserang eksim terkena sabun maka akan teriritasi.
  • Hindari kontak dengan kain atau selimut yang terbuat dengan wol, pakailah pakaian yang bersih, tidak ketat dan meyerap keringat.
  • Bila eksimnya dikarenakan alergi terhadap makanan tertentu, maka hindari makanan tersebut.
  • Jangan menggunakan sabun atau deterjen yang keras.
  • Hindari penggunaan zat-zat kimia seperti kosmetik dan obat-obatan yang terlalu keras terhadap kulit.
  • Jaga keseimbangan berat badan, orang yang mempunyai berat badan lebih, apalagi sangat gemuk lebih banyak berkeringat dan mempunyai gesekan pada lipatan kulit yang memicu jamur kulit.
  • Dan yang paling penting jangan menggaruk. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda. Sebaiknya guntinglah kuku pada orang yang mempunyai penyakit eksim agar luka tidak terinfeksi oleh kuman.

Beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk penyakit ekzim antara lain :

Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.)
Efek : sebagai antiradang, menghilangkan bengkak, mengurangi rasa sakit, penawar racun, dan lain-lain.

Ketepeng Cina (Cassia alata L.)
Efek : menghilangkan gatal-gatal, insecticidal, sebagai obat kulit yang disebabkan oleh parasit kulit, dan lain-lain.

Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza)
Efek : sebagai antiradang, antibakteri, meredakan rasa sakit (analgetik), dan lain-lain.

Kunyit (Curcuma longa L.)
Efek : sebagai antiradang , antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, dan lain-lain.
Berikut ini contoh beberapa resep untuk pengobatan ekzim :

Resep 1. (pemakaian dalam)
30 gram temu lawak (dipotong-potong) + 10 gram sambiloto kering + gula aren secukupnya, dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 2. (pemakaian luar)
Daun ketepeng cina secukupnya dicuci bersih dan dihaluskan, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok makan minyak kelapa, dipanaskan sebentar, setelah hangat dioleskan pada bagian yang terkena eksim.

Resep 3 . (pemakaian luar)
Kunyit yang tua secukupnya dicuci bersih dan diparut, tambahkan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 buah air jeruk nipis, diaduk sampai merata, lalu adonan tadi dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksim.

Resep 4 . (pemakaian luar)
Sambiloto segar dicuci dan dihaluskan, tambahkan sedikit serbuk belerang, diaduk rata, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terkena eksim.


RADIKAL BEBAS DAN ANTIOKSIDAN

Tubuh manusia memiliki dua sistem detoksifikasi utama untuk menghancurkan racun-racun, yaitu detoksifikasi xenobiotik dan detoksifikasi antioksidan. Sehari-hari kita terbuka pada zat-zat ber bahaya yang masuk kedalam makanan,minuman,dan udara. Namun mengapa beberapa orang dengan gaya hidup yang tidak sehat—seperti perokok—dapat mempertahankan kesehatan, sementara itu yang memiliki gaya hidup sehat—seperti orang yang tidak merokok—dapat terkena kanker?

Terdapat banyak variable dalam kehidupan seseorang yang mempengaruhi kesehatan mereka,namun pertanyaan ini dapat terjawab dengan melihat kemampuan tubuh dalam membersihkan penyebab kanker dan senyawa berbahaya lainnya.

Dalam penelitian yang di lakukan oleh AMC (Anderson Cancer Center) di University of Texas di temukan bahwa setiap manusia mempunyai gen-gen detoksifikasi pelindung yang kadarnya tiap orang berbeda-beda.

Bagi orang yang memiliki gen-gen detoksifikasi yang kuat,dia dapat mempertahankan kesehatannya dalam waktu yang cukup lama, walaupun gaya hidupnya tidak sehat.

Setiap orang dilahirkan dengan gen-gen detoksifikasi.Gen detoksifikasi ini bekerja paling baik bila didukung oleh gizi dan suplemen yang tepat. Fungsi genetic yang optimal memungkinkan tubuh menyerap gizi dan membersihkan dirinya sendiri dari zat-zat yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu,mutlak bagi kita untuk memilih pola hidup sehat. Berdasarkan pengalaman dan penelitian,orang yang memiliki pola hidup sehat 70 % terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif.

Makanan Tepat Awal Tubuh Yang Sehat

Diet sehat yang banyak mengandung buah-buahan,sayur-mayur,padi-padian,dan polong adalah kunci dalam menghadapi efek buruk kesehatan dari lingkungan yang terpolusi. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan membuka akses pada sumber –sumber gizi vital yang membantu kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi.

Sebaliknya, gizi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan buruknya kinerja gen-gen detoksifikasi.Keadaan ini akan melemahkan system imuniti tubuh,yang selanjutnya dapat diperparah oleh polutan (zat-zat polusi).Keadaan ini dapat menyebakan kanker,penyakit jantung, artitis ,dan penyakit degeneratif lainnya.

Flavanoid Adalah  Agen Detoksifikasi yang Kuat

Flavanoid yang ditemukan dalam tumbuhan tertentu menjadi lompatan awal bagi mekanisme pembersihan tubuh yang bisa membantu mencegah kanker. Tidak kurang dari 200 penelitian yang telah dipublikasikan,yang menyatakan bahwa diet kaya buah-buahan,sayur-sayuran,padi-padian,dan polong dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker (degeneratif). 35 % dari seluruh jenis kanker di pengaruhi oleh diet dan gizi. Phytokimia yang terdapat dalam buah,sayur,padi,dan polong dapat mengisi ulang system detoksifikasi tubuh. Contoh Phytokimia berupa Flavanoid dan             D-glukarat, merupakan senyawa detoksifikasi potensial yang ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Senyawa sulfur yang ditemukan dalam bawang bawangan; diterpenoid dan  triterpenoid dalam rosemary dan rempah-rempah; fenolik dan poliphenolin yang terdapat dalam teh dan kopi merupakan Phytokimia lainnya yang dapat memaksimalkan kerja gen-gen detoksifikasi

Dua system Detoksifikasi Utama pada Tubuh

Seluruh manusia memiliki duan sistem detoksifikasi utama yang berguna untuk menghancurkan bahan-bahan berbahaya dari dalam tubuh, yaitu Detoksifikasi :

- Xenobiotik dan Detoksifikasi Antioksidan.

- Sistem Detoksifikasi Xenobiotik

Sistem Detoksifiksi Xenobiotik

Detoksifikasi Xenobiotik akan menghancurkan zat-zat kimia dan logam berbahaya dari makanan,minuman,dan udara. Sistem ini juga menetralkan bahan-bahan yang berbahaya yang diproduksi dalam tubuh. Selama proses detoksifikasi,yang mana terdiri dari tipe reaksi enzimatik yang rumit,tubuh akan melakukan metabolisme atau mengubah  bahan-bahan toksid menjadi bentuk yang kurang berbahaya (tahap I) dan bila perlu mengubahnya menjadi zat yang larut dalam air (tahap II). Bentuk ini  merupakan syarat sebelum tubuh dapat mengancurkannya.

Sumber Toksin yang dikendalikan oleh sistem Detoksifikasi Xenobiotik yaitu yang  berasal dari lingkungan dan dari dalam tubuh.

Toksin dari lingkungan meliputi : kebiasaan merokok,produk tembakau, obat-obatan tertentu,efek samping pembakaran daging yang di bakar/panggang,pestisida,pewarna makanan.

Sumber Toksin dari dalam tubuh : androgen,estrogen,steroid,asam empedu,dan bahan selular lainnya.

D-glukarat adalah agen detoksifikasi Xenobiotik yang potensial.

Kadar yang menguntungkan dari D-glutarat dapat kita temukan pada keluarga kubis, seperti : kol, brokoli, seledri, alfalfa,dan kecambah. Buah apel, ceri, alpukat.

Dalam perannya sebagai penghambat,D-glukarat terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara,prostat,paru-paru,usus besar,kandung kemih,dan kanker kulit. Kadar D-glukarat yang tinggi dalam darah sering dihubungkan  dengan penurunan resiko kanker dan sebaliknya bila kadar D-glukarat rendah dalam darah sering dihubungkan dengan pengingkatan resiko kanker. D-glukarat juga terbukti menurunkan kadar trigliserida,dan LDL.

Sistem Detoksifikasi Antioksidan

Detoksifikasi Antioksidan adalah proses penghentian atau penghancuran spesies yang re-aktif terhadap oksigen, yang merupakan kategori terpenting dari radikal bebas. Radikal bebas dapat kita analogikan sebagai perubahan elektrik yang tidak stabil—percikan – yang bila tidak dikendalikan dapat menyebabkan kondisi toksin serius dalam tubuh. Radikal bebas dapat dihasilkan dari faaktor-faktor lingkungan seperti kebiasaan merokok dan polutan lain atau yang  berasal dari efek samping reaksi internal seperti respirasi mitokondria (penggunaan oksigen untuk menghasilkan enegri),efek samping dari metabolisme kimia,peradangan akibat kerja fisik,olah raga dan konsumsi kalori yang berlebihan. Radikal bebas yang berlebihan akan mengambil elektron dari jaringan yang normal dan sehat,yang akan menciptakan keruskan serius pada sel-sel tubuh.Bahkan yang paling serius, ternyata radikal bebas yang tidak terkontrol dapat mengubah struktur DNA. Hal ini dapat menyebabkan mutasi dan perubahan program gen. Keadaan ini dapat memicu proses kanker. Penyakit parkinson, katarak,arterosklerosis, abnormalitas sperma,emfisema,anemia, proses penuaan, dan stroke sering dihubungkan dengan jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Untungnya radikal bebas dapat dihancurkan oleh elemen-elemen berikut :

- Reaksi enzimatik antioksidan speseifik

- Antioksidan yang ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman alami

- Phytokimia tertentu dengan sifat antioksidan, termasuk flavanoid, sulfur, terpenoid yang ada dalam buah-buahan,sayuran,padi-padian dan polong

Radikal bebas tidak selalu merugikan

Dr.Goldschmidt dalam ”jurnal of Circulation Research” menyatakan bahwa oksidan sering menimbulkan efek positif terhadap proses perbaikan pembuluh darah akibat pengendapan kolesterol. Selain dari itu,sel-sel kekebalan pelindung tubuh yang dikenal sebagai makrofag akan menggunakan radikal bebas untuk membunuh virus dan bakteri. Radikal bebas akan berbahaya jika jumlahnya berlebihan. Untuk menentukan kadar radikal bebas dalam setiap individu, biasanya di ambil sample urine atau darah mereka.

Antioksidan terbagi dua,yaitu antioksidan endogen berupa enzim dan antioksidan exogen yang berasal dari luar.

Enzim antioksidan secara sistematis akan menghancurkan berbagai radikal bebas dan spesies oksigen rekatif lainnya.Setiap individu mewarisi enzim-enzim antioksidan yang kadarnya berbeda-beda.Bagi yang mewarisi  kadar enzim antioksidan tinggi tidak perlu khawatir menangani masalah radikal bebas. Tapi bagi yang memiliki kadarnya sedikit, perlu mendapatkan perhatian seirus dengan cara menjalankan pola hidup sehat.

Contoh enzim antioksidan yang berperan aktif dalam menghancurkan radikal bebas antara lain SOD (superoxida dismutases),katalase,peroksida glutation,reduktase glutation, reduktase tioredoksin,dan asam askorbat (Vit C).

Sel-sel tubuh kita menghasilkan banyak bahan kimia dengan kegiatan antioksidan terhadap radikal bebas.Salah satu contohnya glutation,koenzim Q10 (CoQ10), asam alfa lipoat, L-metionin,L-glutamin,taurin,bilirubin,sistein. Antioksidan ini membantu melindungi DNA,protein, dan lipid penting dari kerusakan radikal bebas.

Sayur mayur, buah-buahan, padi-padian,dan polong banyak mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, seperti vitamin E, vitamin C (asam askorbat) dan beberapa karotenoid, termasuk betakarotin,lutein,dan lisopen. Makan makanan ini juga mengandung phytokimia dengan sifat anti oksidan, termasuk flavanoid, isoflavon (senyawa yang mengandung sulfur) dan terpenoid.

Selain efek langsung kegiatan antioksidan yang menjaga kadar radikal bebas, antioksidan juga mendukung proses detoksifikasi secara keseluruhan. Sistem detoksifikasi xenobiotik dan detoksifikasi antiokasidan saling bekerjasama menurunkan beban toksin dan radikal bebas, sehingga memungkinkan seseorang untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Sumber Radikal bebas yang di tangani oleh Sistem Detoksifikasi Antioksidan yang berasal dari lingkungan meliputi : kebiasaan merokok, radiasi, sinar ultra violet, ozon, pestisida, pelarut sintetis,hasil industri. Dari dalam tubuh berupa respirasi energi, makan berlebihan,peradangan, reaksi terhadap besi dan logam lain, olahraga berlebihan.

Saran Untuk Meningkatkan Kemampuan Detoksifikasi Tubuh Kita

  1. Jangan merokok atau mengizinkan orang lain merokok di depan anda. Produk tembakau (rokok-red) menyumbang sebesar 30 % dari semua jenis kanker.Tembakau yang ada dalam rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker tenggorokan, kanker ginjal, kanker kandung kemih,dan kanker pangkreas. Asap dari rokok dan produk tembakau lainnya mengandung 4000 bahan kimia dan gas berbahaya, termasuk poliakrilik aromatik hidrokarbon, benzena, heterosiklik amina, nitrosamine, elemen radioaktif, karbon monoksida, dan promotor tumor serta bahan carsinogen lainnya.Zat nitrosamine ynng terdapat dalam asap rokok merupakan agen karsinogen yang paling berbahaya. Salah satu cara yang paling efektif untuk detoksifikasi zat ini adalah dengan mengkonsumsi sayuran jenis cruciferae seperti seledri air. Phytokima lain yang efektif untuk detoksifikasi zat nitrosamine adalah D-glukarat,silymarin,flavanoid yang berasal dari anggur dan teh hijau.
  2. Hindari berada di bawah radiasi sinar matahari langsung dan sinar-X secara berlebih. Radiasi sinar matahari,terutama antara pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore dapat menjadi sumber utama radikal bebas penghancur DNA, yang dapat menimbulkan kanker kulit (karsinoma dan skuamosa) serta penuaan dini.Gunakanlah baju pelindung yang memadai dan sering-seringlah minum teh hijau alami . Selain itu hindari penggunaan sinar-X secara berlebihan, gunakan saja bila hanya bila di anjurkan oleh dokter tertentu.
  3. Hindari konsumsi daging yang dibakar,di asap dan di goreng dengan minyak berulang-ulang. Daging yang di bakar/di asap/di goreng kaya akan zat karsinogen terutama PAH, nitrosamine,dan heterosiklik. Zat –zat karsinogen ini merupakan promotor terbentuknya kanker yang sangat berbahaya. Para peneliti di Lawrence Livermore Laboratory California membuktikan bahwa ayam atau daging yang akan di bakar/di goreng/di asap bila direndam terlebih dahulu dengan minyak zaitun,lemon,cuka,bawang putih dan mustard akan membantu menetralisir bahan kimia berbahaya. Bagi mereka yang tidak bisa mengurangi daging yang di bakar/di goreng/di asap, tidak ada pilihan lain bila ingin mengurangi resiko terkena kanker wajib minum tah hijau,terutama teh pegagan yang di campur gula batu.
  4. Hindari makanan yang di awetkan. Nitrosamine juga dapat terbentuk saat nitrit (pengawet makanan) di konsumsi bersama makanan yang mengandung amina atau obat-obatan tertentu dalam lingkungan perut yang asam. Banyak mengkonsumsi asam askorbat (Vit C) adalah cara efektif untuk detoksifikasi akibat dari toksin yang ada dalam pengawet makanan dan minuman.
  5. Biasakan minum air putih tidak kurang dari 2,5 ltr/hari, terutama air murni yang higienis. Salah cara mendapatkan air ini adalah air yang sudah di masak di masukan dalam tempat minum yang di buat dari tanah liat.
  6. Hindari penggunaan pestisida,herbisida,dan sejenisnya pada tanaman. Gunakan selalu pupuk organik atau pupuk kompos.
  7. Hindari makan ikan yang di ambil dari laut,danau, atau sungai dekat lokasi pabrik atau pembuangan limbah atau menggunakan pakan kimia sintetik. Hanya gunakan ikan yang betul-betul terjaga lingkungan hidupnya dari polusi terutama yang berasal dari kutub utara seperti ikan tenggiri biru.
  8. Lindungi rumah anda dari udara yang terpolusi. Kualitas udara dalam ruangan mempengaruhi kita setiap harinya dan sering kita abaikan. Dalam penelitian yang di lakukan oleh University of California di sebuah kota industri di Bertkeley, di temukan bahwa keterbukaan pada polusi udara dalam rumah mencapai 70 kali lebih tinggi daripada kadar polusi yang ada di luar rumah. Sumber karsinogen yang ada dalam rumah berasal dari asap rokok, pengharum ruangan, obat nyamuk, minyak wangi, pewangi pakaian. Sangat penting untuk menyediakan ventilasi yang baik guna kelancaran sirkulasi udara.Pastikan kita mempunyai pekarangan yang ada pot yang di tanami pohon lidah mertua atau bidara cina, karena kedua pohon ini dapat menyerap bahan-bahan yang berbau.
  9. Pilihlah produk rumah tangga, termasuk bahan –bahan bangunan yang rendah kadar kimia sintetiknya. Banyak alat rumah tangga mulai dari perlengakapan dapur, hiasan dinding, cat tembok, bahkan pembersih pakaian atau detergen merupakan contoh penyuplai zat karsinogen yang jarang kita sadari. Banyak di antara produk-produk di atas yang mudah menguap zat kimianya dan cepat sekali berkontaminasi dengan makanan, minuman, dan tubuh kita.
  10. Minimalkan debu di rumah kita, bersihkan jamur yang ada dalam ruangan atau dinding rumah.Debu di dalam rumah merupakan salah satu sumber racun timbal pada anak-anak. Pastikan karpet dan lantai kita di bersihkan secara rutin, jangan tunggu sampai tebal. Hal lain yang harus menjadi perhatian saat membersihkan debu adalah ventilasi yang baik.Air yang mengembun dalam sistem pendingin dan pengering udara adalah tempat-tempat yang mudah tumbuhnya jamur, termasuk rumah yang kurang ventilasi (lembab) juga merupakan tempat tumbuhnya berbagai jamur.
  11. Pikirkan kembali cara menyimpan baju. Kamper untuk penyimpanan dapat menghasilkan uap napthahalene,suatu karsinogen. Sebagai alternatif, simpan pakaian dalam lemari yang kedap udara—tanpa kamper. Pilihlah daun lavender, daun bay atau daun cedar sebagai penggantinya. Pakaian yang di dry—claen biasanya di beri perkloroetilen (perk), suatu pelarut beracun yang dapat mempengaruhi kesehatan pekerja yang menggunakannnya.Bila pakaian berbau bahan kimia, gantung pakaian tersebut du luar ruangan atau ruangan yang memiliki ventilasi yang baik. Jangan langsung memakai pakaian yang baru di beli, tapi cucilah terlebih dahulu.
  12. Bacalah label pada produk-produk perawatan pribadi.Biasakan untuk selalu membaca label produk pada setiap produk, terutama produk perawatan pribadi. Bahan kimia yang mudah menguap pada kuteks, hairspray dan minyak wangi adalah aerosol propellant, zat pewarna buatan, dan pewangi, serta minyak gas yang mudah di serap oleh kulit dan rambut. Bahan kimia yang dikenal sebagai dibutilphalate (DBP) biasanya digunakan untuk membuat pewarna kuku,kosmetik,dan minyak wangi telah terbukti menyebabkan kelainan pada kelahiran pada hewan. Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh Centers for Disease Control dan Prevention’s National Center for Environmental Health di Amerika, telah di temukan adanya DBP dalam air seni 289 orang sample. Gunakan selalu perawatan alamiah yang tidak mengandung DBP dan al kohol atau zat turunannnya.
  13. Cucilah hasil bumi beberapa kali.Sangatlah penting untuk mencuci buah-buahan dan sayur-sayuran di bawah air mengalir, bahkan untuk produk organik yang dapat menyerap bahan kimia dari tanah atau lingkungan. Pastikan bahan – bahan pestisida yang ada di dalam dapat minimalisir. Untuk lebih memaksimalkan hasil pencucian dapat di gunakan air yang hangat, jangan gunakan air dingin. Kelarutan bahan kimia akan meningkat seiring dengan tingginya suhu.
  14. Hindarkan anak –anak dari mainan yang terbuat dari plastik. Zat ftalat yang terkandung dalam mainan kadarnya bisa mencapai setengah dari berat mainannya. Selain ftalat, timbal dan kadmium sering di gunakan juga sebagai bahan dalam mainan anak-anak. Zat-zat ini dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf dan mengurangi kecerdasan, menyebabkan kerusakan ginjal dan memicu kanker paru-paru. Bahan lain yang banyak terdapat dalam mainan adalah bahan pelembut diisononyl phthalate (DINP). DINP dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, kecacatan sistem perkembangbiakan, memicu timbulnya kanker,meniru kerja hormon estrogen dan menggangu metabolisme tubuh.
  15. Minimalkan menggunakan cangkir, pembungkus, atau botol susu bayi yang terbuat dari plastik tipis/sedang, karena ada senyawa kimia bisphenol—A (BPA) yang mudah menguap dan bercampur dengan makanan atau minuman yang ada di dalamnya bila di panaskan. Disamping senyawa BPA, pada umumnya hampir semua produk yang terbuat dari plastik di tambah pelembut ftalat. Kedua zat ini merupakan karsinogen yang dapat mengganggu sistem hormon dan metabolisme tubuh. Pakailah alat-alat yang terbuat dari gelas atau keramik tanah liat untuk meminimalisir keracunan. Selalu gunakan botol bayi yang terbuat dari  botol kaca, mungkin lebih berat dan mudah pecah, tapi bayi akan terhindar dari keracunan zat yang ada dalam botol plastik
  16. Hindari dari menggunakan wadah makanan yang terbuat dari gabus dan minimalisir mengkonsumsi mie instan. Zat stirena (lilin) yang ada dalam wadah gabus dan mie instan dapat menyebakan kerusakan hati,ginjal, serta degupan jantung menjadi tidak teratur. Stirena ini yang membuat mie tidak lengket satu sama lain saat dimasak. Tubuh yang normal perlu 2 hari untuk membersihkan lilin yang melapisi mie instan. Mengkonsumsi mie yang mengandung lilin, apalagi di kemas dalam gabus dapat menyebabkan tubuh beresiko terkena kanker.
  17. Perbanyak konsumsi sumber antioksidan alami seperti :

ü Vitamin E (alpukat,kecambah,kedelai)

ü Vitamin C (Rosell,pepaya,jeruk,jambu biji,apel)

ü Vitamin A (Wortel,pisang raja,tomat)

ü Senyawa fenolik (jahe,bawang putih,kunyit,pegagan)

ü Senyawa anthosianin (ubi gledek,ubi jalar ungu,strobery)

ü Senyawa isoflavon (tempe).

PATHOLOGY PENYAKIT

Orang-orang dari berbagai daerah atau latarbelakang memiliki cara-cara yang berlainan untuk menerangkan apa yang menyebabkan penyakit.

Mengapa seorang bayi mencret? Ada bermacam-macam jawaban :

Orang-orang di desa mungkin mengatakan karena masuk angin, atau orangtuanya berbuat salah atau menimbulkan amarah pada dewa dan roh-roh, atau kesambet jin dan lain-lain.

Seorang dokter mungkin mengatakan karena si anak infeksi

Seorang mantri kesehatan puskesmas mungkin mengatakan karena para penduduk desa tidak mempunyai persediaan air bersih dan tidak menggunakan jamban.

Seorang guru, mungkin menyalahkan kurangnya pendidikan

Mereka memandang penyebab suatu penyakit menurut pengalaman dan pendapat mereka sendiri, jadi siapakah yang benar?

Setiap kemungkinan yang disebutkan diatas mungkin bagian dari sebab mengapa seorang bayi menderita karena biasanya penyakit disebabkan oleh berbagai sebab

Untuk mencegah dan mengobati penyakit agar berhasil, kita harus memiliki pengetahuan dan pengertian yang luas mengenai penyakit yang umum ditemukan dan berbagai penyebabnya atau yang kita kenal dengan Patalogi Penyakit


MACAM-MACAM PENYAKIT DAN PENYEBABNYA

Untuk memudahkan pencegahan dan pengobatan suatu penyakit, maka kita bagi penyakit-penyakit tersebut dengan dua kelompok; penyakit infeksi dan penyakit bukan infeksi.

penyakit infeksi : adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit, penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.

penyakit bukan infeksi : tidak menular dari orang ke orang lain. Sebabnya bukan karena bibit penyakit. Oleh karena itu penting untuk membedakan manakah yang termasuk penyakit infeksi dan mana yang bukan.

PENYAKIT-PENYAKIT BUKAN INFEKSI

Penyakit-penyakit bukan infeksi mempunyai berbagai penyebab yang berlainan. Penyakit ini bukan disebabkan oleh kuman, bakteri atau jasad hidup (organisma) lainnya yang menyerang tubuh kita. Penyakit ini tidak pernah menyebar dari orang yang satu ke orang yang lain. Kita harus menyadari bahwa antibiotika atau obat-obatan melawan kuman, tidak akan menyembuhkan jenis penyakit ini.

Contoh-Contoh Penyakit Bukan Infeksi

NO PENYEBAB NAMA PENYAKIT
1 Gangguan yang ditimbulkan oleh suatu kerusakan atau kesalahan dalam tubuh
  • · Katarak
  • · Rematik
  • · Asam urat
  • · Jantung
  • · Stroke dll
2 Gangguan yang ditimbulkan oleh sesuatu dari luar tubuh yang membahayakan atau menggangu
  • · Alergi
  • · Asma
  • · Racun (bisa ular)
  • · Batuk karena rokok
  • · Borok lambung
  • · Alkoholis
3 Gangguan yang disebabkan oleh kurangnya sesuatu zat yang diperlukan oleh tubuh
  • · Kurang gizi (malnutrisi)
  • · Pellagra (kekurangan Vit B2)
  • · Kurang darah (anemia)
  • · Gondok
  • · Pengerasan hati = sirosis hati, (sebagian dari penyebabnya
4 Gangguan yang terjadi sejak lahir
  • · Bibir sumbing
  • · Mata juling
  • · Cacat lainnya
  • · Epilepsi (ada beberapa jenis
  • · Anak-anak yang terbelakang
  • · Cacat lahir
5 Gangguan yang dimulai didalam pikiran (penyakit mental)
  • · Ketakutan akan sesuatu (Paranoria)
  • · Kecemasan (anxietas)
  • · Ketakuta yang berlebihan (phobia)


Contoh-contoh Penyakit Infeksi

JASAD HIDUP (ORGANISMA) PENYEBAB PENYAKIT NAMA PENYAKIT CARA PENULARAN ATAU CARA MEMASUKI TUBUH
Bakteri (jasad renik atau kuman) TBC Melalui udara (batuk)
Tetanus Luka yang kotor
Beberapa jenis mencret Lalat, air dan jari tangan yang kotor
Radang paru-paru Lewat udara (batuk)
Gonorrhea & sifilis Hubungan kelamin
Luka yang kena infeksi Kena barang yang kotor
Sakit telinga Dengan salesma (masuk angin, pilek)
Borok yang bernanah Melalui sentuhan
Virus (Kuman yang lebih kecil daripada bakteri) Salesma, flu, campak, gondok, cacar air, polio Dari orang sakit lewat udara, melalui batuk lalat dll
Rabies Gigitan binatang
Kutil Sentuhan
Jamur Kurap, kutu air, jamur diselangkangan Melalui sentuhan atau dari pakaian
Parasit internal (hewan berbahaya yang hidup dalam tubuh) Di dalam usus : cacing, amuba (disentri) Dari kotoran ke mulut, kurangnya kebersihan
Di dalam darah (malaria) Gigitan nyamuk
Parasit eksternal (hewan berbahaya yang hidup dipermukaan tubuh) Kutu rambutKutu hewan

Kutu busuk

Kudis (skabies)

Penularan dari orang-orang yang terkena infeksi atau dari pakaiannya

INGAT :

ANTI BIOTIKA TIDAK BERGUNA DAN SANGAT BERBAHAYA UNTUK PENYAKIT-PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS, SEPERTI SALESMA, INFLUENZA, GONDOK, CACAR AIR, DAN LAIN-LAIN.

JANGAN SEKALI-KALI MENGOBATI INFEKSI KEJANGKITAN VIRUS DENGAN ANTIBIOTIKA

KENALI SEBAB PENYAKIT

Faktor alami, seperti perubahan iklim, waktu dan lokasi geografi mempengaruhi aktivitas biologis manusia, perubahan tubuh, dan juga diagnosis dan perawatan penyakit sampai tingkat tertentu. Oleh karena itu, alam dianggap sebagai bagian dari manusia. Mereka saling terkait hingga sistem pengobatan holistik natural memahami bahwa terjadinya sesuatu penyakit adalah akibat dari campur tangan manusia di alam ini yang bertentangan dengan keharmonian yang ada. Harmoni artinya keseimbangan mengikuti ilmu (ketentuan) Allah swt. Dan apabila terjadi perubahan, maka akan menjadikan semuanya turut berubah.

Penyakit bukan bersumber dari kuman, virus atau patogen lain, tetapi penyakit bersumber dari kelemahan sistem imun    (kekuatan fitrah). Apabila sistem ini lemah atau terganggu, maka mulailah kuman (bakteri), patogen atau virus menyerang tubuh. “Disease cause germ not germs cause disease”.

Dalam pandangan Perobatan Jawi, sumber penyakit disebabkan oleh 4 (empat) hal, yaitu:

1. Toksid (racun) yang tertimbun dalam tubuh

Apabila tubuh tidak mendapat kandungan nutrien yang cukup dan pada masa yang sama terjadi pengambilan bahan-bahan kimia yang berlebihan, seperti bahan pewarna, bahan pengawet, dan lainnya yang tidak diperlukan tubuh. Jika tidak disingkirkan oleh tubuh maka seterusnya akan berkumpul dan merusak sel-sel tubuh. Hal ini mengakibatkan melemahnya sistem imun    (kekuatan fitrah) sehingga tubuh tidak dapat bertahan apabila mendapat serangan dari kuman penyakit (patogen dan virus).

2. Ketidakseimbangan suhu

Menurunnya suhu badan atau bertambahnya suhu disebabkan sistem pengeluaran urin yang bermasalah. Lebih terfokus pada melakukan cleansing di ginjal.

3. Ketidakseimbangan angin

Masalah autointoksikasi di dalam usus besar dan musnahnya bakteri baik serta kurangnya enzim pengurai dalam tubuh.

4. Ketidakseimbangan pikiran

Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon steroid yang melemahkan sistem imun   .

Sumber  penyakit tersebut bisa diselesaikan dengan herba yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber toksid diselesaikan dengan herba yang bisa melakukan proses detoksifikasi. Herba ini dikenal sebagai program D’Tork

2. Sumber suhu diselesaikan dengan penggunaan herba diuretik, yaitu herba yang bisa melakukan proses Heat Cleansing. Dikenal sebagai program D’Heat.

3. Sumber angin diselesaikan dengan herba yang bersifat karminatif. Dikenal sebagai program D’Karm.

Jika pikiran mulai terganggu maka perawatan yang digunakan adalah melalui pengobatan yang menyeluruh (total healing) atau pendekatan kerohanian untuk mengembalikan tenaga dalam vital force (kekuatan fitrah) dan diiringi dengan mengkonsumsi herba-herba pilihan yang banyak mengandung mineral serta vitamin C mega dosis.

SISTEM IMUN

HANYA SISTEM KEKEBALAN TUBUH YANG MAMPU MENGOBATI PENYAKIT

  • Dokter, paramedis, herbalis hanya membantu sistem ini bekerja pada manusia dan
  • Nutrisi yang berasal dari makanan asli yang belum diolah lebih penting daripada obat dalam menguatkan sistem imun ini.

Disadari atau tidak, jutaan operasi dan reaksi berlangsung dalam tubuh kita setiap detiknya. Hal ini berlangsung walaupun kita sedang tidur. Kegiatan yang padat ini terjadi dalam selang waktu yang singkat menurut pandangan kita. Ada perbedaan mendasar antara pandangan tentang waktu dalam kehidupan kita sehari-hari dengan waktu biologis tubuh kita.

Rentang satu detik yang melambangkan selangwaktu sangat pendek dalam keseharian kita, berjalan sangat lama bagi kebanyakan sistem dan organ yang bekerja di dalam tubuh kita. Jika semua kegiatan yang dilaksanakan oleh semua sel, jaringan, dan organ tubuh dalam satu detik itu dituliskan, hasilnya tak terbayangkan. Sebuah aktivitas yang berada diluar batas pikiran manusia.

Salah satu sistem terpenting yang terus-menerus melakukan kegiatan yang tidak pernah melalaikan tugasnya adalah sistem imun. Sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ yang terdiri atas

  • Bagian yang bisa dilihat seperti kulit, mata, air liur, hidung dan paru-paru
  • Bagian yang tidak bisa dilihat, seperti tymus, limpa, sistek limfatik, sumsum tulang belakang, sel darah putih, antibodi dan hormon.

Semua bagian sistem ini bekerja sama dalam melawan masuknya virus, bakteri, jamur, cacing, dan parasit lain yang memasuki tubuh melalui kulit, hidung, mulut atau bagian tubuh lain. Sistem imun kita tersebar diseluruh tubuh kita dan tidak di bawah perintah otak, tetapi bekerja melalui rangkaian informasi pada tiap bagian sistem imun. Jumlah sel-sel imun kita lebih banyak 10 kali lipat dari sistem syaraf dam mengeluarkan empat puluh agen imun yang berbeda-beda untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Berikut ini kelenjar-kelenjar yang memproduksi sistem imun :

1. Adenoid dan Tonsiil

2. Kelenjar air mata (lakrima)

3. Kelenjar air liur

4. Membran mukus,

5. Timus,

6. Limpa,

7. Lambung,

8. Hati,

9. Barcop peyer

10. Usus,

11. Sumsum tulang, sistem limfatik dan kulit

Meskipun sistem imun kita cukup kuat untuk membunuh bakteri dan virus, ia akan menjadi lemah karena pengkonsumsian antibiotik, makanan yang tidak sehat, operasi bedah yang tidak diperlukan, dan sebagainya.

PENYAKIT YANG DAPAT DITERAPI DENGAN METODE PEMELIHARAAN KESEHATAN RUAS TULANG BELAKANG (KIROPRAKSI)

ASTHMA

Asthma yaitu kesulitan bernafas yang kambuh pada saat pergantian musim atau larut malam terutama pada bsaat subuh, mengeluarkan suara nafas : yik, yik , … seperti suara meniup sempritan dan mengeluarkan dahak yang kental. Bila kambuh mengeluarkan suara: a-ga—-‘ karena saluran trachea berkontraksi dengan keras. Ada juga yang disebut Cardiac Asthma yang disebabkan bagian bilik jantung kiri dan serambi jantung kirinya lemah, sehingga peredaran darah yang menuju keparu-paru menjadi tidak lancar, dan dapat mengakibatkan gejala penyumbatan. Sebab-sebab asthma sampai kini masih belum jelas; alergi debu, serbuk bunga, perubahan temperatur, tekanan udara dan emosi yang tidak stabil adalah salah satu kemungkianannya. Bagi mereka yang mengalami asthma trachea akan terasa  kencang pada bagian tengah dada sampai ke ketiak, saat kambuh timbul bersin, pilek dan rasa ingin buang air kecil, bagi yang berbadan lemah terasa susah nafas setelah berolah raga ringan, bagi yang berbadan kurus mudah lelah lambungnya, sebelum kambuh biasanya bagian bahunya terasa nyeri.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu mendapatkan pembetulan/pelurusan adalah lumbar 1-5, thoracic 1-5, dan sacrum. Termasuk penyempurnaan bagian leher dan bagian kiri dan kanan seluruh tubuh.

SAKIT KEPALA

Walaupun hanya sakit kepala, namun sebab akibatnya banyak seperti mabuk, tidur kurang nyenyak, flu, hypertensi, migrain, komplikasi nyeri bagian bahu, dll. Apabila ada sedikit kelainan pada bagian tulang cervic yang letaknya dengan otak, akan mempengaruhi peredaran darah. Tidur kurang nyenyak atau lelah yang menumpuk, ada kemungkinan dikarenakan kelainan diantara tulang rawan cervic. Disamping itu masih ada gejala komplikasi bagian bahu dan leher terasa kaku dan nyeri. Sakit kepala dimulai dari nyeri pada bagian bahu. Usahakan memulihkan kelelahan seluruh tubuh dengan senam kesehatan, gerak tariklah bagian otot dan sendi kita. Dengan rangsangan bagian tulang cervic maka peredaran darah bagian otak menjadi lancar.

Bagian yang perlu diluruskan/disempurnakan adalah ruas tulang cervic ke-1 dan ke-2.

SAKIT PINGGANG

Banyak orang muda yang sedang giat bekerja atau suka bekerja keras, hal ini banyak menimbulkan gejala stress dikalangan mereka, tambah lagi denga postur yang tidak baik karena duduk yang tidak benar dalam waktu yang lama. Semua itu akan menyebabkan sakit pinggang. Bagi mereka yang kurang olah raga, dapat mengakibatkan otot bagian punggung dan perut lemah, hal ini juga bisa menyebabkan sakit pada otot bagian pinggang. Bagi manusia usia lanjut, otot bagian pinggangnya telah menua dan hilang kelenturan adalah penyebab utama sakit pinggang.

  • Penyebab sakit pinggang akibat dari otot disekitar tulang lumbar dan sacrum lemah dapat mengakibatkan sakit yang berat. Dengan senam kesehatan yang benar, akan membuat otot-otot disekitar pinggang baik dan dapat melancarkan peredaran darah.
  • Penyebab lain dari sakit pinggang adalah tulang rawan yang menonjol diantara ruas tulang belakang (dislokasi), hal ini menyebabkan jaringan tulang-tulang mulai memudar (menua). Penuaan ini juga bisa disebabkan oleh kelainan diantara ruas tulang belakang dan sendi sacrum. Subdislokasi pada bagian sendi sacrum mengakibatkan organ dalam pinggul semakin melemah, sehingga harus diobati sejak dini.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu diluruskan/disempurnakan adalah lumbar ke-1,2 dan thoracic ke-12.

MENURUNNYA STAMINA (GAIRAH)

80 % libido dikontrol oleh otak besar, terutama bagi usia diatas setengah baya bukan kekuatan tubuh yang memberikan gairah (stamina), namun pengaruhnya berpusat pada otak besar. Dari otak besar mengesampingkan rangsangan yang lain, mengakibatkan libido dan rangsangan tersebut di sampaikan ketubuh. Serangkaian fungsi ini berjalan secara normal, sehingga tetap bergairah, agar aktivitasnya lancar harus dapat mengatur menjaga lumbar dan sacrum dengan baik dengan cara meluruskannya, hal ini dapat memperlancar intruksi dari otak kebagian organ lain. Apabila ruas tulang belakangnya membengkok, maka rangsangan untuk menghubungi respon tubuh terhambat. Sehubungan dengan masalah ini, pembengkokan dapat mempengaruhi hormon adrenal dan testis yang mana sekresinya menjadi tidak normal.

Bagian  ruas tulang belakang yang diluruskan/ disempurnakan adalah lumbar ke-1 sampai ke- 5  dan tulang sacrum.

PSEUDO-MYOPIA (PENGLIHATAN YANG DANGKAL)

Pseudo-myopia banyak di alami oleh anak-anak, hal ini banyak disebabkan  oleh alat penghibur (televisi, komputer, playstation, dll) dan makanan sehari-hari yang mengandung banyak zat kimia sintetik. Psedo-myopia erat hubungan dengan kelainan susunan pada susunan syaraf, perbaikan pada ruas tulang belakang  akan membantu untuk pengobatannya. Hal ini dimungkinkan sekali karena syaraf mata bergandengan dengan tulang cervic bagian atas, apabila bagian tulang cervic ada kelainan, maka gerakan otot ciliaries  menjadi lamban, tidak lentur dan mengakibatkan mata mudah lelah. Kelelahan otot ciliaries dan syaraf mata menyebabkan pseudo-myopia (penglihatan yang dangkal).

Hypertensi dan perubahan patologis peredaran darah yang timbul karena kelainan pada bagian bawah tulang lumbar adalah juga sebab-sebab mundurnya penglihatan, sehingga bagian ini perlu mendapatkan  perhatian pula.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu diluruskan/disempurnakan adalah cervic ke-1 dan 2, bagian lumbar ke-3, 4, dan 5.

RASA NYERI PADA BAGIAN BAHU

Sebab-sebab rasa nyeri pada organ dalam tubuh mencerminkan gejala kelainan pada organ dalam tubuh dan peredaran darah pada otot bagian bahu yang kurang baik, sehingga peredaran darahnya tidak lancar.

Bagian bahu disebut cermin daripada organ dalam tubuh, perubahan patologis organ dalam tubuh pasti ada komplikasi nyeri pada bagian bahu. Apabila nyeri pada bagian bahu tidak diobati, maka akan timbul kelainan kesehatan organ dalam tubuh.

Lokasi organ dalam tubuh yang mengalami perubahan patologis dibagian bahu terasa nyeri :

Ø       Sakit jantung, rasa tidak tenang ——————————> nyeri bahu bagian kiri

Ø       Sakit lambung, liver, empedu,usus 12 jari —————–> nyeri bahu bagian kanan

Rasa nyeri pada bagian bahu akibat perdaran darah yang tidak lancar terjadi karena arteriosclerosis dan penyempitan pembuluh darah, adalah juga penyebab utama lelah pada otot bagian bahu. Pergerakan otot-otot harus diimbangi dengan aktivitas baru yang menggantikannya, sehingga darah dapat mensuplai zat baru dan zat  lama diangkut keluar.

Bekerja dengan jangka waktu yang panjang mengakibatkan bahu terus menerus tertekan/stress, otot-otot bagian leher dan bahu menjadi keras dan menekan pembuluh darah, sehingga peredaran pembuluh darah tidak lancar dan didalam otot tertimbun zat- zat lama atau yang lelah, sehingga terjadi nyeri pada bagian bahu. Otot-otot leher dan bahu adalah akhir daripada peredaran darah bagian kepala, pembuluh darah bagian leher  yang menua ada dampak strok yang membahayakan.

Sendi pada bagian bahu adalah sendi yang aktivitasnya terbesar, sehingga otot bagian bahu adalah yang paling mudah lelah dan konsumtif. Gerakan olah raga bagian bahu dan leher adalah gerakan gabungan beberapa jenis otot. Lelah yang berkepanjangan mengakibatkan otot-ototnya kurang elastis, dengan sedikit gerakannya terasa nyeri dan kegiatan pada bagian bahu menjadi kurang sempurna.

Perubatan nyeri semacam ini harus dimulai dari pergerakan/olahraga meluruskan otot-otot bahu, leher, dan bagian tulang dada, terutama bagi pekerja keras atau yang stress. Mereka harus sabar menerima penyempurnaan ruas tulang belakangnya.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu dilurusukan/ disempurnakan adalah tulang cervic ke-4 s/d 7, thoracic ke-2 dengan melakukan senam  gerakan otomatis, senam ikan mas, dan senam tarikan punggung.

TEKANAN DARAH TINGGI / HYPERTENSION

Medical chek-up yang paling menguatirkan setelah usia setengah baya adalah tekanan darah tinggi, penyakit ini paling banyak ditemui bagi usia setengah baya keatas.

Tekanan darah sama halnya seperti temparatur, berbeda bagi setiap individu. Tekanan darah tinggi memungkinkan sebagian orang terasa nyeri ditengkuk, pusing, sakit kepala, tapi ada juga yang tidak merasakan gejalanya.

Hypertensi dapat mengganggu pembuluh darah beberapa organ dalam tubuh, seperti :

Ø       Pengaruh terhadap organ jantung: myocardial hypertrophy, coronary arteriosclerosis, angina pectoris, dan myocardial infarction

Ø       Pengaruh terhadap otak: cerebal arteriosclerosis, cerebal infarction, cerebal hemorrage, subarachnoid hemorrage, dan stroke

Ø       Pengaruh terhadap aorta dan ginjal: arteriosclerosis aneurism, fungsi ginjal menurun, renal malfunction, uremia

Organ-organ dalam tubuh lainnya dapat pula menjadi sakit, maka hypertensi tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pengobatan hypertensi dipusatkan pada penyempurnaan/ penglurusan ruas tulang belakang, terutama bagi usia diatas 40 tahun, setiap hari dianjurkan untuk melakukannya. Tujuannya adalah agar peredaran seluruh darah dalam tubuh menjadi normal.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu diluruskan/ disempurnakan adalah mulai dari cervic s/d sacrum (keseluruhan).

TEKANAN DARAH RENDAH (HYPOTENSION)

Secara umum tekanan darah rendah lebih kecil  dari 110 ~100  / 70 ~ 60. Bila hypertensi berpengaruh terhadap jantung, pembuluh darah, otak, dan ginjal yang perlahan lahan terganggu, maka hypotensi  akan menyebabkan proses arteriosclerosis agak lambat, komplikasi terhadap pembuluh darah dan lainnya lebih sedikit, kasus berusia panjang lebih banyak.

Gejala yang timbul akibat hypotensi antara lain :

Ø       Insomania, migrain, nyeri punggung, dizzines, kurang konsentrasi, mudah lelah, tidak bersemangat

Ø       Gejala penyakit cardiac vaskular : bagian dada terasa tertekan, napas tidak teratur, denyut nadi pelan

Ø       Penyakit sistem pencernaan : nafsu makan menurun, perut bagian atas terasasakit, dada sesak, constipation diarhea, frekwensi urine banyak, berat badan menurun, haid tidak lancar

Keadaan tersebut diatas dapat terjadi hanya satu gejala atau beriringan dengan komplikasinya, maka kadang-kadang orang salah menganggapnya sebagai penyakit syaraf. Sebab-sebab terjadinya hypotensi masih belum diketahu pasti, banyak orang mengira ada hubungannya dengan faktor turunan. Penyakit kronis seperti katup jantung, emphysema, astmha, bronkhitis dan lainnya kadang-kadang dapat berubah menjadi tekanan darah rendah. Kelainan pada ruas tulang belakang bisa diindikasikan sebagai penyebab utama tekanan darah rendah.

Untuk sebab-sebab tekanan darah rendah yang diketahui, harus diobati berdasarkan penyebabnya, langkah selanjutnya adalah dengan meluruskan keseluruhan ruas tulang belakang (senam seperti untuk mengobati hypertensi)

DIABETES

Penyakit Diabetes scara umum di awali akibat dari pola makan yang salah, terlalu banyak makan yang enak, namun kurang olah raga, sehingga metabolismenya tidak sempurna. Dalam keadaan normal didalam urine tidak mengandung gula, namun karena insulin yang disekresi oleh pancreas mendapat gangguan, maka timbul penyakit diabetes. Bagian dari pancreas ada yang disebut “ islet of Langerhans “. Bagian ini mengsekresi hormon insulin, apabila sekresinya tidak mencukupi, maka menjadi sakit. Sumber energi tubuh manusia di suplai oleh glukosa yang diubah dari zat gula didalam makanan, terutama glukosa yang tertimbun didalam otot dan jaringan lemak, di ubah menjadi energi dan dikonsumsikan.

Apabila pancreas mengsekresi insulinnya tidak mencukupi, maka glukosa dalam tubuh tidak dapat disimpan dengan tepat, sehingga glukosa dalam darah kelebihan dan dikeluarkan dari urine. Akibatnya kandungan gula dalam darah meningkat, terjadilah diabetes. Untuk mengetahui berapa kadar gula dalam darah, kita perlu mengecek dengan “Glukosimeter“, normalnya 50-140 mmol, bila lebih maka hati-hatilah. Apabila penyakit diabetes tidak di obati maka :

Ø       Akan menyerang syaraf, akan mengakibatkan tangan dan kaki terasa dingin, kesemutan dan neurelgia

Ø       Bagi laki-laki akan mengakibatkan penurunan libido

Ø       Dalam jangka panjang dapat menyebabkan darah tinggi

Ø       Bagi yang darah rendah dapat mengakibatkan penyakit angina pectoris, myocardinal infarction

Ø       Apabila pembuluh darah didalam ginjal ada perubahan, maka fungsi ginjal menurun dan terjadilah proteinuria, edema pada seluruh tubuh

Ø       Apabila gejala penyakit lebih berat akan menajadi sakit kepala, tenggororkan terasa sangat haus, napas terasa berat, mental tidak tenang, bila terjadi luka bisa membusuk dan menyebar (gangren)

Penyakit yang dianggap erat dengan kegemukan/obesitas ini disebut gangguan metabolisme keturunan, kebanyakan dari mereka ada kelainan pada tulang thoracic bagian bawah. Penyempurnaan bagian ini dapat memulihkan pancreas agar mengsekresi insulin secara normal, ditambah pula dengandiet makanan yang benar, maka pengobatannya akan efektif.

Bagian ruas tualng belakang yang perlu disempurnakan adalah tulang thoracic ke-3 s/d 12.

PROSTATE HYPERTROPHY

Pada umumnya prostate hypertrophy adalah gejala menua kaum pria yang berusia diatas 60 tahun. Letak prostate diantara kantong kemih dan saluran kencing, kelenjar sekresi dan serat otot-otot di dalamnya membengkak sehingga menekan saluran kencing. Gejala penyakit ini adalah secara mendadak susah buang air kecil. Tahap pertama gejala  tersebut adalah selama beberapa bulan atau tahun keadaan buang air kecil semakin memburuk, terasa ingin buang air kecil, namun susah membuangnya; gejala saluran uretra mengecil dan tidak ada tenaga adalah tahap kedua. Pada tahap ketiga sama sekali tidak dapat membuang air kecil, disebut anuria. Pada saat demikian fungsi ginjal sangat tidak baik, zat- zat kotorannya tertimbun di dalam tubuh dapat menjadi penyakit kronis uremia, nafsu makan akan semakin berkurang, kulit kering, dan mudah sekali mengantuk.

Dengan menyempurnakan tulang lumbar dan sacrum dapat mencegah proses menua, memperlancar peredaran darah, sangat membantu mengobati prostate hypertrophy. .

HEMORROID (WASIR)

Hemorroid banyak jenisnya, sebab-sebabnya pun banyak pula, alasan yang umum adalah peredaran darah pada pinggul kurang baik yang menyebabkan terjadi gumpalan darah dan penyebab lainnya adalah sembelit yang berkepanjangan.

Akibat dari sembelit yang berkepanjangan dapat menimbulkan konstipasi kronis, mengejan saat buang air besar. Banyak makan yang kurang serat dan minum yang melewati batas membuat perut membengkak dan menekan kebawah adalah penyebab lainnya dari pada sembelit. Sembelit hanyalah awalnya, lama kelamaan terjadi prolaps di bagian anus. Prolaps pada anus ini ada 3 jenis, yaitu:

Ø       Prolaps of the anus: keadaan rectum bagian bawah terlepas dan keluar dari anus, mengakibatkan rasa sakit pada saat BAB

Ø       Fissure: hemorroid yang paling sakit, kulit disekitar anus terkelupas/pecah atau memborok, namun kebanyakan tidak berdarah

Ø       Anal Fistual : terjadi pada rectum atau disekitar anus, karena kontaminasi dengan bakteri maka terjadilah infeksi, mengeras dan bernanah. Di sekitar anus mudah terkontaminasi, mudah terjangkit bakteri dan infeksi, terjadilah fistula yang peredarannya kurang baik. Anal Fistula sama sekali tidak ada gejalanya, kadang-kadang terasa gatal atau fever.

Penyempurnaan tulang lumbar dan sacrum dapat merangsang syaraf disekitarnya dan gejala penumpukan dapat ditiadakan.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah lumbar ke-4, 5 dan sacrum.

RHEUMATIC

Penyakit rheumatic dapat dikatagorikan menjadi 2, yaitu :

  1. Bagian tulang dan bagian sendi yang terserang
  2. Ligamen, urat otot yang cidera karena olah raga atau gerakan  yang tidak benar

Kata rheumatic berasal dari bahasa Yunani yang artinya sakit dan bengkak yang berpindah-pindah. Sebab-sebab rheumatic tidak jelas, secara  umum dapat dikatakan bahwa rheumatic mungkin karena serangan bakteri, virus serta sekresi hormon atau alergi. Udara lembab, dingin dapat menyebabkan kambuhnya rematik, pada saat hamil reumatic lebih  ringan, namun ada kecenderungan memburuk setelah melahirkan , tekanan otot yang terlalu tegang dan lelah serta stress akan memperburuk penyakit reumatic. Dikalangan umum, untuk mengatasi sakit reumatic sering menggunakan analgesik dan anti radang. Saat minum obat sakitnya hilang, namun jika obatnya habis, reumatic akan datang lagi dan mungkin lebih sakit.

Reumatic adalah penyakit seluruh tubuh, menyempurnakan ruas tulang belakang dapat membantu mengatasinya hingga peredaran darah seluruh tubuh menjadi lancar.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah cervic 1 s/d 7, lumbar 1 s/d 5.

OVER WEIGHT (KEGEMUKAN)

Kegemukan adalah musuh besar usia yang panjang, tingkat kematiannya pun cukup tinggi pula. Dengan kata lain kegemukan hal yang cukup menggangu bagi sebagian besar manusia di abad ini. Kegemukan adalah timbunan lemak di dalam badan terlalu banyak sehingga berat badannya terlalu berat. Walaupun kegemukan  (over weight) itu adalah akibat dari  terlalu banyak dan kurang olah raga, namun akibat langsungnya adalah penyakit gangguan metabolisme. Pada pusat pengaturan nafsu makan di otak besar, biasanya kalori intake dan kalori yang dikonsumsi adalah seimbang, namun apabila mendapat ganggauan, maka kalori yang didapatkan akan melebihi kebutuhan normal.

Kegemukan  pada usia setengah tua adalah kalori intake yang kebanyakan dan kurang olah raga, karena kedua beban ini maka jaringan lemak meningkat. Kegemukan dapat mengakibatkan hypertensi, arteriosclerosis, penyakit jantung, diabetes. Dengan mengimbangi makanan yang tepat dan olah raga yang cukup adalah pengobatan yang tepat .

Kegemukan pada anak kecil kadang-kadang dikarenakan kekurangan cinta kasih orang tua dan suka menyendiri, sehingga emosinya dikompensasikan dengan banyak makan.

Rumus Berat  Badan  Relatif (BBR)

BBR =    Berat Badan (kg )          X 100 %

Tinggi badan (cm) – 100

Normal (90-110 %), Gemuk (atas 110 %), Obes Ringan (120-130 %), Obes Berat (140-200 %), Kurus ( bawah 90 %), Obes awal ( lebih 120 % ), Obes Sedang (130-140%), Obes Teruk (lebih dari 200 %).

Tubuh kita akan sehat dan ideal asalkan organ dalam tubuh sempurna, lancar, dan fungsi sistem pencernaanya meningkat, ditambah lagi dengan olah raga yang cukup dan konsumsi kalori yang sehat. Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah keseluruhan dengan                          melakukan senam kesehatan ruas tulang belakang.

GASTRO-INTESTIN (LAMBUNG DAN USUS)

Penyakit gangguan usus dan lambung lebih banyak ditemukan pada kelompok orang yang sifat bawaannya gugup/gelisah atau orang yang mempunyai jabatan atau kedudukan tinggi, hal ini dikarenakan stress dan mental yang buruk berpengaruh terhadap usus dan lambung. Mukosa lambung dan usus 12 jari terpengaruh oleh sekresi zat asam hidroklorida dan enzim dari lambung ini menyebabkan ulcer lambung dan usus 12 jari.

Sebagian orang yang beraktivitas banyak membungkuk dan menulis, bagian dadanya tertekan, dan telah terbiasa dengan posisi menahan berat kepala, sehingga ruas tulang dada (thoracic) banyak dibebani kelelahan. Pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan usus.

Bagian ruas tulang belakang yamg perlu disempurnakan adalah tulang thoracic ke-3 s/d 12, lumbar 1 dan 2

SAKIT G I N J A L

Liver, jantung, dan  ginjal adalah organ tubuh yang paling penting. Letak ginjal sebelah kiri dan kanan ruas tulang belakang, organ ini sebesar kepalan tangan. Tugas ginjal adalah menyaring zat-zat buangan dari darah, hasil cairan yang tersisa adalah air kencing.

Volume darah yang melalui ginjal berjumlah 500 liter, yaitu 500 botol susu dengan kemasan satu kilogram (ginjal memiliki kira-kira 9 kali daripada aktivitas normal yang terpendam, dengan kehilangan 1 ginjal, sisanya dapat berfungsi dengan normal pula ).

Darah yang mengalir dari renal artery dikirim ke glomerulus, kandungan utama plasma disaring dikapsul bowman dan dipompa kerenal tubulus, renal pada kedua belah ginjal kira-kira ada jutaan buah. Pada saat melalui renal tubulus, zat gizi yang diperlukan diserap oleh sel-sel dinding tubulus, sisanya menjadi air kencing yang dikumpulkan di piala ginjal, kemudian urethra disimpan di kantung kemih.

Apabila ginjalnya sakit, maka terjadilah penyakit pyelitis, batu ginjal (kidney stone) dan lain-lain.  Penyakit tersebut adalah penyakit akut. 70 % lebih dikarenakan flu atau tonsilitis. Baik akut maupun kronik, kebanyakan dimulai dengan gejala edema, urinnya semakin berkurang, gejala edemanya secara pelahan-lahan dan lama.

Pernah ada record yang menunjukan bahwa dengan penyempurnaan ruas tulang belakang, yang ada kelainannya dapat memulihkan keadaan membuang air kecilnya.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah tulang thoracic ke-10 s/d 12, lumbar 1 dan 2 dengan melakukan senam yang dikombinasikan dengan diet protein, garam, dan cairan.

SAKIT  LIVER (HATI)

Pada umumnya orang yang banyak menghadapi entertaiment, peminum alkohol, yang perlu dikuatirkan adalah penyakit liver/hati. Beberapa penyebab penyakit liver, antara lain: virus, menggunakan obat anti biotik, anti kanker, obat penenang, terlalu banyak minum alkohol, dll.

Liver di sebut “organ pendiam“, kita sendiri tidak merasakan gejala penyakitnya, namun apabila diabaikan, maka keadaannya akan makin memburuk. Liver berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh. Tugasnya menguraikan zat gizi yang dipakai sebagai penyerapan di dalam lambung dan usus, menetralkan bahan beracun, menyimpan gula dan lemak, yang mana bila perlu diuraikan menjadi kalori. Selain daripada itu, liver juga berfungsi memproduksi protein dan bile, mengatur jumlah volume darah, penyimpanan zat vitamin, metabolisme hormon, dll.

Fatty liver dan Liver Cirrhosis

Hepatitis akut dan kronis yang diakibatkan oleh virus, apabila keadaanya parah, ada kemungkinan menjadi kanker liver atau cirrhosis. Alkohol yang masuk kedalam tubuh diuraikan oleh hati; enzimnya dengan fungsi melawan racun diubah menjadi zat asam. Zat asam ini tidak hanya tertimbun, namun racunnya pun lebih keras dari pada alkohol. Alkohol dalam tubuh kita menyebabkan kandungan vit B dan methylmercapto butyl amino acid untuk tubuh kita menjadi tidak cukup, lemak tidak dapat diolah, sehingga timbulah fatty liver dan liver cirrhosis.

Orang yang terganggu livernya, setiap hari harus memperhatikan warna urinenya, apabila warnanya terlalu pekat, itu tanda bahaya. Bagian tengah bawah tulang rusuk sebelah kiri dan kanan bila ditekan terasa sakit atau ada rasa tertekan.

Sel-sel reproduksi tinggi, walaupun tidak dapat tidak dapat diobati dengan obat-obatan sintetik, namun dengan penyempurnaan ruas tulang belakang dapat membantu memulihkan fungsinya lagi

Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah tulang thoracic ke-3 s/d 12.

SAKIT JANTUNG

Pada penyakit orang dewasa, tingkat kematian sakit jantung menempati urutan ketiga setelah kanker dan stroke. Ukuran besar jantung kira-kira sebesar kepalan tangan masing-masing.

Darah yang segar dialirkan keseluruh tubuh, CO2 dan zat kotoran dari darah yang kembali dikirim ke paru- paru; jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh serta membuang zat sisa. Setiap orang setiap tahun mengalirkan darah kira-kira sebanyak truck besar angkutan cairan 16,000 buah truck.

Jantung adalah sebuah organ yang kecil dan terdiri dari dua buah pompa. Setiap menit kira-kira 70 kali mengerut, mengembang berterusan dan tidak berhenti; pengerutan sekali sekali kira-kira 60 ml darah yang diangkut ke aorta. Jantung terdiri dari otot-otot yang melingkari berlapis lapis, termasuk kiri dan kanan serambi dan bilik; serambi kiri dengan tekanan yang sangat besar memompa darah keseluruh tubuh, sehingga otot serambi kiri lebih tebal daripada serambi kanan.

Sakit jantung ada 3 macam , yaitu :

1. Heart failure yang disebakan karena fungsi denyut jantungnya lemah, sehingga tidak dapat memompa    darah yang diperlukan oleh tubuh. (hypertensi)

2. Myocardial infaction yang disebakan oleh peredaran darah arteri-koroner berhenti, sehingga terjadi nekrosis pada myocardium. Bagian ruas tulang dada, jantung, abdomen bagian atas mendadak seperti ada pengikat yang kencang dan sakit

3.  Angina pectoris yang disebakan oleh menyempitnya arteri-koroner, sehingga kekurangan oksigen dan terasa sakit, biasanya dapat dinetralisir dengan obat penenang. Bila kambuh, bagian tengah ruas tulang dada atau bagian atasnya terasa sakit

Walaupun jantungnya sehat, namun apabila ada kelainan bagian tengah ruas tulang dada (thoracic), akan lebih mudah terserang sakit jantung. Syaraf dari otak sampai ke jantung, karena ada kelainan ruas tulang belakang, maka akan mengakibatkan gangguan serta mempengaruhi arteri-koroner yang membungkusi jantung menjadi tua dan mengeras.

Penyempurnaan bagian ruas tulang dada bagian atas dan tengah dapat memperlancar peredaran darah, sehingga dapat memperlambat organ menjadi tua, mencegah sakit, dll.

Bagian ruas tulang belakang yang perlu disempurnakan adalah tulang dada ke-1 s/d 5.

MEMAHAMI SEBAB TERJADINYA PENYAKIT Jan 23, ’08 7:24 PM
untuk

Faktor alami, seperti perubahan iklim, waktu dan lokasi geografi mempengaruhi aktivitas biologis manusia, perubahan tubuh, dan juga diagnosis dan perawatan penyakit sampai tingkat tertentu. Oleh karena itu, alam dianggap sebagai bagian dari manusia. Mereka saling terkait hingga sistem pengobatan holistik natural memahami bahwa terjadinya sesuatu penyakit adalah akibat dari campur tangan manusia di alam ini yang bertentangan dengan keharmonian yang ada. Harmoni artinya keseimbangan mengikuti ilmu (ketentuan) Allah swt. Dan apabila terjadi perubahan, maka akan menjadikan semuanya turut berubah.

Penyakit bukan bersumber dari kuman, virus atau patogen lain, tetapi penyakit bersumber dari kelemahan sistem imun    (kekuatan fitrah). Apabila sistem ini lemah atau terganggu, maka mulailah kuman (bakteri), patogen atau virus menyerang tubuh. “Disease cause germ not germs cause disease”.

Dalam pandangan Perobatan Jawi, sumber penyakit disebabkan oleh 4 (empat) hal, yaitu:

1. Toksid (racun) yang tertimbun dalam tubuh

Apabila tubuh tidak mendapat kandungan nutrien yang cukup dan pada masa yang sama terjadi pengambilan bahan-bahan kimia yang berlebihan, seperti bahan pewarna, bahan pengawet, dan lainnya yang tidak diperlukan tubuh. Jika tidak disingkirkan oleh tubuh maka seterusnya akan berkumpul dan merusak sel-sel tubuh. Hal ini mengakibatkan melemahnya sistem imun    (kekuatan fitrah) sehingga tubuh tidak dapat bertahan apabila mendapat serangan dari kuman penyakit (patogen dan virus).

2. Ketidakseimbangan suhu

Menurunnya suhu badan atau bertambahnya suhu disebabkan sistem pengeluaran urin yang bermasalah. Lebih terfokus pada melakukan cleansing di ginjal.

3. Ketidakseimbangan angin

Masalah autointoksikasi di dalam usus besar dan musnahnya bakteri baik serta kurangnya enzim pengurai dalam tubuh.

4. Ketidakseimbangan pikiran

Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon steroid yang melemahkan sistem imun   .

Sumber  penyakit tersebut bisa diselesaikan dengan herba yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber toksid diselesaikan dengan herba yang bisa melakukan proses detoksifikasi. Herba ini dikenal sebagai program D’Tork

2. Sumber suhu diselesaikan dengan penggunaan herba diuretik, yaitu herba yang bisa melakukan proses Heat Cleansing. Dikenal sebagai program D’Heat.

3. Sumber angin diselesaikan dengan herba yang bersifat karminatif. Dikenal sebagai program D’Karm.

Jika pikiran mulai terganggu maka perawatan yang digunakan adalah melalui pengobatan yang menyeluruh (total healing) atau pendekatan kerohanian untuk mengembalikan tenaga dalam vital force (kekuatan fitrah) dan diiringi dengan mengkonsumsi herba-herba pilihan yang banyak mengandung mineral serta vitamin C mega dosis.

SISTEM IMUN

HANYA SISTEM KEKEBALAN TUBUH YANG MAMPU MENGOBATI PENYAKIT

  • Dokter, paramedis, herbalis hanya membantu sistem ini bekerja pada manusia dan
  • Nutrisi yang berasal dari makanan asli yang belum diolah lebih penting daripada obat dalam menguatkan sistem imun ini.

Disadari atau tidak, jutaan operasi dan reaksi berlangsung dalam tubuh kita setiap detiknya. Hal ini berlangsung walaupun kita sedang tidur. Kegiatan yang padat ini terjadi dalam selang waktu yang singkat menurut pandangan kita. Ada perbedaan mendasar antara pandangan tentang waktu dalam kehidupan kita sehari-hari dengan waktu biologis tubuh kita.

Rentang satu detik yang melambangkan selangwaktu sangat pendek dalam keseharian kita, berjalan sangat lama bagi kebanyakan sistem dan organ yang bekerja di dalam tubuh kita. Jika semua kegiatan yang dilaksanakan oleh semua sel, jaringan, dan organ tubuh dalam satu detik itu dituliskan, hasilnya tak terbayangkan. Sebuah aktivitas yang berada diluar batas pikiran manusia.

Salah satu sistem terpenting yang terus-menerus melakukan kegiatan yang tidak pernah melalaikan tugasnya adalah sistem imun. Sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ yang terdiri atas

  • Bagian yang bisa dilihat seperti kulit, mata, air liur, hidung dan paru-paru
  • Bagian yang tidak bisa dilihat, seperti tymus, limpa, sistek limfatik, sumsum tulang belakang, sel darah putih, antibodi dan hormon.

Semua bagian sistem ini bekerja sama dalam melawan masuknya virus, bakteri, jamur, cacing, dan parasit lain yang memasuki tubuh melalui kulit, hidung, mulut atau bagian tubuh lain. Sistem imun kita tersebar diseluruh tubuh kita dan tidak di bawah perintah otak, tetapi bekerja melalui rangkaian informasi pada tiap bagian sistem imun. Jumlah sel-sel imun kita lebih banyak 10 kali lipat dari sistem syaraf dam mengeluarkan empat puluh agen imun yang berbeda-beda untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Berikut ini kelenjar-kelenjar yang memproduksi sistem imun :

1. Adenoid dan Tonsiil

2. Kelenjar air mata (lakrima)

3. Kelenjar air liur

4. Membran mukus,

5. Timus,

6. Limpa,

7. Lambung,

8. Hati,

9. Barcop peyer

10. Usus,

11. Sumsum tulang, sistem limfatik dan kulit

Meskipun sistem imun kita cukup kuat untuk membunuh bakteri dan virus, ia akan menjadi lemah karena pengkonsumsian antibiotik, makanan yang tidak sehat, operasi bedah yang tidak diperlukan, dan sebagainya. Allahu’alam bishawab.

Allah SWT telah menciptakan organ hati sebagai organ yang sangat penting perananya dalam tubuh manusia. Fungsi hati bersangkutan langsung dengan metabolisme tubuh yang erat pengaruhnya dengan makanan dan darah.
Apabila hati sehat maka seluruh tubuh akan sehat. Sebaliknya jika hati terganggu seluruh organ tubuh akan terganggu.Fungsi Hati
Hati merupakan pabrik kimia yang terbesar dalam tubuh yang bekerja sebagai perantara metabolisme. Hati bekerja mengubah zat-zat makanan dari usus untuk disimpan di tempat tertentu dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan organ-organ dalam tubuh.

Kapasitas cadangan hati sangat besar, hanya dengan 10%-20% jaringan hati yang masih berfungsi sudah cukup untuk memper-tahankan hidup pemiliknya. Kemampuan regenerasi pada hati pun cukup besar. Sel hati yang mati akan cepat digantikan oleh yang baru.
Beberapa fungsi penting organ hati antara lain:
1. membantu eksresi,
2. membantu proses pencernaan dalam usus,
3. menyediakan cadangan sumber energi,
4. mengatur kandungan darah,
5. menyimpan dan mengedarkan makanan,
6. metabolisme steroid,
7. mempertahankan suhu tubuh,
8. pertahanan tubuh,
9. detoksifikasi.

Dalam proses eksresi, hati berperan menerima asam amino yang diabsorpsi oleh darah. Kemudian hati melakukan deaminasi terhadap asam amino, sehingga nitrogen terpisah dari asam amino dan amonia diubah mendari ureum. Ureum dapat disaring oleh ginjal dan dieksresikan kedalam urin.

Hati membantu pencernaan dalam usus halus, dimana hati dapat menghasilkan cairan empedu yang bermanfaat untuk proses pencernaan dan penyerapan lemak.

Hati dapat membentuk cadangan sumber energi. Dimana glukosa yang tersisa dalam hati diubah menjagi glikogen untuk disimpan dalam hati, otot atau diubah dalam bentuk lemak di bawah kulit (subkutan) sebagai cadangan sumber energi. Cadangan sumber energi ini dapat diubah kembali oleh hati menjadi glukosa jika tubuh sangat memerlukannya. Misalnya sewaktu terlambat makan atau sedang berpuasa. Bahkan dalam keadaan tertentu hati juga dapat menghasilkan glukosa dari protein dan lemak, melalui proses yang disebut glukoneogenesis.

Hati memiliki peran dalam mengatur kandungan darah dengan cara:
Hati membentuk sel darah merah pada masa hidup janin,
hati berperan menghancurkan sel darah merah yang sudah tua,
menyimpan hematin yang diperlukan untuk membuat sel darah merah baru, membuang protein plasma, membersihkan birilubin dari darah,
berperan dalam produksi protrombin dan fibrinogen untuk pembekuan darah.

Hati berperan dalam pengedaran dan penyimpanan bahan makanan yaitu glikogen, lemak, vitamin dan zat besi. Vitamin A dan D yang dapat larut dalam lemak disimpan dalam hati.

Hati berperan dalam metabolisme steroid, hati berperan menginaktifkan dan mengekresikan aldosteron, glukokortikoid, esterogen, progesteron dan testosteron.

Aktivitas hati dapat mempertahankan suhu tubuh. Karena ukuran dan banyaknya kegiatan metabolisme dalam hati menaikkan suhu darah yang mengalir melewati hati.

Fungsi pertahanan tubuh dalam hati dilakukan oleh sel-sel kupffer dengan cara memakan kuman (fagasitosis). Sel kupffer dapat memakan sebagian besar kuman yang masuk ke dalam hati melalui vena porta sehingga tidak sempat menyebar ke seluruh tubuh.

Detoksikasi dilakukan oleh enzim-enzim hati terhadap zat-zat beracun, baik dari luar atau yang dihasilkan oleh tubuh. Zat-zat beracun itu diubah menjadi zat yang tidak aktif untuk kemudian dieksresikan ke ginjal. Sehingga beberapa jenis obat tidur dan alkohol dapat dinetralkan oleh hati.

Merawat Organ Hati
Karena organ hati berkaitan langsung dengan pencernaan dan darah, maka cara terbaik untuk merawat organ hati adalah dengan merawat kesehatan organ pencernaa dan kebesihan darah. Kendatipun hati dapat bekerja menetralkan racun dan membunuh kuman penyakit kan tetapi jika peracunan terjadi dengan dosis besar dan banyak serangan infeksi, hati dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan sirosis hati.
Maka beberapa cara merawat organ hati adalah:
– merawat sistem pencernaan,
– mencukupi kebutuhan nutrisi,
– menghindari makanan tercemar,
– menghingari obat-obatan kimia beracun,
– menghindari penggunaan bahan-bahan kimia beracun,
– tidak mengonsumsi alkohol.
– membantu kerja hati dengan menjalani terapi detoksikifikasi

Tinjauan Medis

Pengobatan dengan tetumbuhan (Herbal Treatment) merupakan pengobatan tertua di dunia. Bangsa-bangsa yang memiliki kebudayaan tua di dunia dapat dipastikan memiliki Ilmu Herba yang semakin tua. Sebagai contoh negara China, India dan Mesir. Di Asia Tenggara, sudah demikian dikenal istilah “Jamu” untuk ramuan herba dan rempah-rempah dari Jawa. Bagi orang Melayu pengobatan dengan Herba sudah merupakan tradisi turun temurun.

Keampuhan pengobatan Herba, banyak dibuktikan dengan pengalaman. Berbagai macam penyakit yang sudah tidak dapat disembuhkan oleh Pengobatan Alopati (Kedokteran) ternyata masih bisa diatasi oleh Pengobatan Herba, seperti Kanker, Kelumpuhan. Terdapat pula pengalaman yang membuktikan bahwa untuk beberapa penyakit ternyata pengobatan Herba dapat memberikan solusi penyembuhan yang efektif, misalnya dalam penyakit-penyakit cardiovascular (yang berhubungan dengan darah dan jantung), saraf.

Letak kelebihan dari pengobatan Herba, adalah pada bahan dasar yang bersifat Alami. Sehingga efek samping dalam obat dapat ditekan seminimal mungkin. Meskipun dalam beberapa kasus dijumpai orang-orang yang memiliki allergy terhadap Herba. Namun hal ini pun dialami dalam pengobatan medis dimana ada kasus orang-orang yang allergy atau timbul penolakan terhadap obat-obat tertentu.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa obat-obatan Medik, dalam pengamalannya seringkali menimbulkan efek samping yang menimbulkan penyakit lainnya. Misalnya :

  • Pengobatan Rhematik atau Asam Urat (Gout), seringkali menimbulkan efek samping pada Lambung, Ginjal & Lever (Hati).
  • Obat-obatan Analgesic (penghilang sakit) dan Antipyretic dalam jangka panjang dan dosis yang berlebihan dapat merusak fungsi ginjal dan lever.
  • Obat-obatan Antibiotik, selain menimbulkan resistancy pada tubuh juga membunuh bakteri-bakteri yang berguna pada usus besar, yang dalam jangka panjang dapat merusak sistem pencernaan karena juga membunuh bakter-bakteri dalam usus besar yang berguna bagi tubuh.

Perkembangan pengobatan Herba berlangsung dengan pesat. Berbagai foundation di bidang Herba menyelenggarakan diskusi-diskusi, journal-journal dan majalah-majalah Herba. Seperti 3 contoh majalah Herba yang beredar di Amerika dan Eropa di bawah ini (Herbarist, Herbalgram dan Herbs for Health) :

Minyak zaitun tak hanya mahal, tapi besar juga manfaatnya.

Sejak zaman dulu, masyarakat sering mengaitkan minyak zaitun untuk kecantikan. Pendapat itu tidak salah. Meski sebenarnya, seperti kata Dr Ir Alsuhendra MSci, pakar biokimia pangan dan gizi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), manfaat lain minyak yang diolah dari biji zaitun ini tak kalah besarnya.

Zaitun termasuk jenis Olea europaea dari keluarga Oleaceae. Sejak ribuan tahun silam masyarakat di sekitar Laut Tengah dan Timur Tengah telah merasakan manfaatnya. Dalam bentuk buah, zaitun muda yang berwarna hijau kekuningan kerap disantap begitu saja atau sebagai penambah rasa. Sementara zaitun yang matang dengan warna hitam kerap diacar maupun diperas untuk diambil minyaknya.

Setiap buah zaitun yang matang mengandung 80 persen air, 15 persen minyak, satu persen protein, satu persen karbohidrat, dan serat satu persen. Untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun.

Hingga saat ini Italia dan Spanyol berada di barisan terdepan negara penghasil minyak zaitun, disusul oleh Yunani, Tunisia, Maroko, dan Amerika Serikat (AS). Kawasan mediterania selama ini memang dikenal sebagai gudang buah dan minyak zaitun.

Selama ini penduduk Timur Tengah mengandalkan zaitun sebagai sumber minyak nabati. Minyak inilah yang menciptakan rasa khas pada hidangan mereka. Jika diolah menjadi minyak maka kandungan asam lemak yang dimiliknya antara lain asam oleat atau omega 9 (79%), asam palmitrat atau asam lemak jenuh (11%), asam linoleat atau omega 6 (7%), asam stearat (2%), dan lain-lain sebesar 1%.

Alsuhendra mengatakan, tingginya kandungan asam lemak tak jenuh –khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal di mana di dalamnya terdapat asam oleat atau omega 9 dan juga asam linoleat atau omega-6, yakni mencapai 65-85 persen– membuat minyak zaitun banyak digunakan di bidang kesehatan. Lebih jauh, alumnus Institut Pertanian Bogor ini menyebutkan asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal ternyata memiliki keunggulan, yakni lebih sulit teroksidasi.

Dengan sifat ini maka jika dioleskan ke kulit maka kulit akan terlindungi dari sinar matahari dan tidak akan terpicu menjadi kanker atau tumor. Jika dikonsumsi manfaat zaitun erat dengan kandungan omega 9. Omega 9, jelasnya, mampu menekan low density lipoprotein (LDL) atau yang akrab dikenal dengan kolesterol jahat dalam tubuh dan menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

”Khasiat kesehatan zaitun memang luar biasa. Tidak hanya kandungan asam lemaknya tetapi juga senyawa lain seperti klorofil yang berperan sebagai antioksidan,” katanya.

Saat ini di pasaran terdapat beberapa jenis minyak zaitun tergantung pada proses ekstrasinya, yakni minyak zaitun perawan, murni, dan sulingan. Yang pertama merupakan minyak zaitun bermutu tinggi karena merupakan hasil ekstrasi pertama. Mudah dikenali melalui warnanya yang kehijauan. Sedangkan yang sulingan biasanya berwarna keputihan sebagai hasil dari pemanasan.

Lantas bagaimana agar kita bisa menuai manfaat maksimal minyak zaitun? Suhendro mengatakan tergantung kebutuhan yang kita inginkan. Jika minyak zaitun difungsikan sebagai bahan baku dengan tujuan penambah gizi, lelaki kelahiran Padang ini menyarankan untuk memilih yang murni.

Namun, jika hanya sekadar untuk mempercantik makanan maka minyak hasil sulingan sudah memadai. Sebagai tambahan, Alsuhendro menambahkan zaitun merupakan jenis minyak yang tidak begitu suka dengan panas tinggi. Pasalnya pemanasan yang tinggi hanya akan merusak ikatan rangkap asam lemak zaitun, dan yang lebih mengkhawatirkan, dampak lanjutannya akan mengubah minyak zaitun justru menjadi radikal yang berbahaya bagi tubuh.

KHASIAT MINYAK ZAITUN

 

Kalau kita cermati lebih mendalam lagi, ternyata ada rahasia besar yang terkandung di dalamnya sehubungan dengan masalah kesehatan.

Melalui raut muka kita bisa mengenali apakah orang yang bersangkutan dalam keadaan sehat atau sakit, sedang sedih atau gembira, dan banyak hal lagi. Demikian pula dengan telapak tangan,ianya dapat menggambarkan berbagai kondisi kesehatan seseorang. Pada telapak tangan terkandung 1000 rahasia tentang kesehatan manusia.

Begitu pula dengan wajah dan pergelangan tangan, dari wajah sering di gunakan untuk mendiagnosis penyakit melalui iris mata (iridologi), lidah, nafas, dan dari pergelangan tangan dengan denyut nadinya.

Beberapa indikasi penyakit yang dapat kita ketahui dan pelajari seputar telapak tangan, di antaranya :

  • Sembelit (gangguan pada usus/colon).

Tanda-tanda yang dapat kita amati sbb:

ü      Garis garis jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin serius permaslahannya.

ü      Garis garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya,mengindikasikan semakin serius sembelitnya.

ü      Terdapat bayngan hitam secara keseluruhan dari telapak tangan, semakin gelap mengindikasikan semakin kronik sembelitnya.

ü      Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.

Gejala dari sembelit antara lain :

1.       Najis dikeluarkan melebihi 14 jam.

2.       Buang air besar (BAB) sering (tiap hari), tapi tidak tuntas, masih ngejan.

3.       Mudah mengantguk.

4.       Sakit kepala.

5.       Letih dan haus.

6.       Masalah kulit,dsb.

Dr. Arbuthnothane (pakar colon dari Inggris) mengungkapkan bahwa : ”Sembelit merupakan sebab dari semua jenis penyakit yang melanda peradaban manusia ”

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit, yaitu :

01.   Makanan yang tidak seimbang, kurang serat, terlalu sering makan makanan olahan, fast food. Jenis makanan ini dapat menghambat penyingkiran tinja dan menyebabkan racun/toksin menempel pada kantong usus (colon pockets).

02.   Perekatan (adhesions) dapat menjadi penyebab sembelit akibat membran mukus yang menempel pada dinding usus.

03.   Kurang olah raga, dsb.

Sembelit akan menyebakan wasir (hemorroid), wasir menyebabkan spasm (pengerutan) atau kejang otot dubur/anus (anal muscle) dan menghambat proses pembuangan tinja oleh usus.

Selanjutnya otot usus yang lemah dapat menjadi lumpuh dan menghambat pengosongan perut dengan sempurna, hal ini menyebabkan racun dari tinja melekat di usus. Akibatnya dapat menimbulkan kanker atau infeksi dan penyakit autointosikasi, yaitu najis (sisa sisa makanan) yang lama tidak terbuang dan kuman jahat akan di serap dan masuk kedalam saluran darah dan hati secara berterusan, akibatnya akan timbul berbagai penyakit degeneratif seperti diabets, hypertensi, asam urat, dan lainnya.

Diare/mencret/cirit birit meruapakan salah satu bentuk sembelit yang kronis, dimana hanya kotoran yang berupa cairan yang keluar, sementara yang keras masih menempel di usus (Dr. John Christopher). Diare sering di sebabkan oleh keracunan makanan, adanya parasit/ cacing, panas dingin.

Berdasarkan pengalaman Dr. Hane (Arbuthnothane) banyak penykit degeneratif sembuh setelah mendapatkan perawatan dengan pembersihan najis/racun yang ada di usus. Contohnya ada seorang pemuda yang terkena radang sendi (arthitis) kronis sembuh total setelah racun di ususnya di bersihkan.Ada juga pasen seorang wanita yang menderita gondok (goriter) telah menun jukan tanda-tanda kesembuhan setelah beberapa kali racun/toksin yang ada di usus di bersihkan.

Perawatan Alamiah (Natural Treatment) pada usus

a)       Perubahan dalam gaya hidup dengan cara membiasakan diri makan makanan yang alami dengan kandungan serat yang tinggi misalkan sayuran dan buah-buahan organik. Mulai meninggalkan/mengurangi makanan siap saji, makanan olahan, makanan yang mengandung perasa,pewarna,dan pengawet. Makanan yang di goreng dengan minyak berulang kalipun harus di hindari

b)      Olah raga, terutama olah raga untuk daerah perut (abdoment).

c)       Memahami bahasa tubuh sendiri seperti:makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, hindari makan saat emosi.

d)      Hindari pencahar sintetis karena  ia  dapat mengganggu penyerapan sodium dan keseimbangan potanuim di usus besar. Di samping itu juga pencahar bisa menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang  lama berupa kekurangan nutrisi, keletihan,dehidrasi,dll.

e)      Colon cleansing dengan menggunakan herba-herba pilihan seperti aloe vera (lidah buaya), halia (jahe), madu, ganggang biru (spirulina), pegagan, mengkudu,dll.

Petunjuk Rasulullah SAW untuk pengobatan usus besar

Di riwayatkan dalam shahih  Bukhari- Muslim bahwa Abu Sa’id al-Khudri r.a. berkata : ”Seorang laki-laki datang kepada Nabi saw. Lalu bercerita,”Saudara laki-laki saya mengeluhkan keadaan perutnya.” Nabi saw. Mengatakan,”Berilah sedikit madu”.Laki-laki itu pergi dan kemudian kembali lagi sambil  mengatakan,”Saya telah memberinya madu, tetapi tidak membantu,”Kemudian Nabi saw. Menyuruh laki-laki itu untuk memberi madu lagi kepada saudaranya. Setelah empat kali di beri madu, barulah saudara laki-laki itu sakit perutnya sembuh. Nabi saw. Berkata, ” Allah mengatakan yang benar sementara perut saudaramu berbohong.”

Madu mengandung khasiat pengobatan yang luar biasa, karena ia mampu membersihkan zat-zat beracun yang terkumpul dalam perut.

”Keluar dari perut lebah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang

menyembuhkan bagi manusia.”

(QS. 16 : 69)

”Gunakanlah dua jenis obat, yaitu madu dan al  quran. ”

(HR. Ibnu Majah)


MENGENAL DENYUT NADI

Palpasi artinya mengukur denyut nadi.  Saat mengukur denyut nadi seorang herbalis harus memusatkan perhatian dan seksama.  Ia menggunakan telunjuk, jari tengah, dan jari manis, untuk merasakan denyut nadi pasien dengan menaruh jari-jari diatas nadi radial (jari) pada pergelangan tangan pasien.

Berikut ini adalah cara melakukan perabaan (palpasi) nadi :

1. Sebelum dilakukan perabaan hendaknya pasien dianjurkan untuk istirahat sebentar.

2. Tangan pasien secara horizontal atau diletakkan setinggi jantung dengan telapak tangan mengarah ke atas.

3. Selama proses pemeriksaan berlangsung, nafas pemeriksa harus teratur, emosi dalam keadaan tenang, sikap baik dan berkonsentrasi penuh.

Denyut nadi bisa memberikan gambaran tentang penyakit atau gangguan yang terjadi pada organ tubuh seseorang.  Ketiga tempat untuk tiga jari itu disebut, Cun (inci); Guan (batang); dan Chi (kubit). Seperti terlihat pada Gambar 2. Herbalis menggunakan jari-jari tangan kanannya untuk mengukur denyut pergelangan tangan kanan pasien, dan jari-jari tangan kirinya untuk mengukur denyut nadi pergelangan tangan kiri pasien.

Ketika mengukur denyut, herbalis mungkin harus menggunakan teknik yang berbeda seperti mengangkat, menekan denyut dengan kekuatan yang tepat, dan mengubah kekuatan tekan atau menggerakkan jari agar denyut itu lebih jelas.

Gambar 2. Titik  Mengukur Denyut Nadi

Penentuan penyakit melalui denyut nadi ini didasarkan pada tingkat kelajuan (kecepatan), kedalaman dan kekuatan denyutan.  Pembagian penentuan penyakit berdasarkan denyut nadi :

1. Kecepatan / Kelajuan Nadi

Ukuran denyut nadi normal adalah 60 – 90 denyut/menit atau 4 – 5 pukulan / siklus atau daur nafas.   Berdasarkan kecepatan / kelajuannya denyut nadi dibagi menjadi dua yaitu:

a) Denyut Nadi Perlahan / lambat (chi mai)

Denyut nadi per lahan atau lambat adalah denyut nadi di bawah 60 denyut/menit atau 4 pukulan / daur pernafasan.  Nadi yang berdenyut perlahan menunjukan unsur air (sejuk) yang terdapat dalam tubuh. Dalam kondisi seperti ini nadi berdenyut lebih pelan dibandingkan dengan denyut nadi normal.  Semakin pelan denyutannya berarti semakin tinggi unsur air (sejuk) yang terdapat dalam tubuh.

b) Denyut Nadi laju / cepat (shumai)

Denyut nadi laju atau cepat adalah denyut nadi di atas 90 denyut/menit atau 5 pukulan / daur pernafasan.  Nadi yang bedenyut cepat menunjukan unsur api (panas) yang terdapat dalam tubuh. Semakin laju /cepat denyutan berarti semakin banyak unsur panas (api) yang terdapat dalam tubuh.

2. Kedalaman Nadi

a)    Nadi Atas (fumai)

Denyut nadi atas mengindikasikan komplikasi gejala luar atau tahap awal penyakit. Denyutan Nadi atas bisa diketahui dengan merasakan denyutan hanya dengan melalui tekanan yang ringan. Danyutan akan hilang jika kita menekan (pergelangan) terlalu kuat (dalam).

Nadi atas menunjukan gejala kekurangan tenaga pada buah pinggang.  Kesan (tanda-tanda) yang biasa muncul antara lain; sakit kepala, bunyi  berdengung dan berdesing dalam telinga, hotfluses (muka dan leher menjadi merah)

Nadi atas juga menunjukan tenaga yang tinggi dalam paru-paru. Keadaan seperti ini biasanya ditandai (dikesan) dengan adanya batuk-batuk yang merupakan simpton (gejala) penyakit astma.

b) Nadi dalam  (chen mai)

Denyut nadi dalam mengindikasikan komplikasi gejala dalam (penyakit dalam).   Denyut nadi tidak wujud (nampak) dengan sentuhan ringan.   Denyutan Nadi baru terasa setelah mendapatkan tekanan (tangan) yang keras. Nadi dalam menunjukan tanda-tanda seperti keletihan, prolap, cirit-birit atau diare (mencret), dan keputihan.

3.         Kekuatan Nadi

Denyut nadi pada tangan kanan dan kiri akan menunjukan tanda-tanda pada organ tubuh ynag berbeda. Tangan kanan menunjukan tanda pada paru-paru; hati (lever),  ginjal (buah pinggang) kanan perut (lambung), kandung kemih dan usus besar. Sedangkan denyut nadi kiri menunjukan kelainan pada jantung, limpa (spleen), ginjal (buah pinggang) kiri dan usus kecil.

Tabel 5. Titik Denyut Nadi

No. Titik / Jari Pengukur Tangan Kiri Tangan Kanan
1. Cun / Jari Telunjuk Jantung Paru-paru
2. Guan / Jari Tengah Limpa (spleen) Hati (Lever)
3. Chi / Jari Manis Ginjal Kiri, dan Usus Kecil Ginjal Kanan, Lambung, Kan-dung Kemih dan Usus Besar

Berdasarkan kekuatan denyutannya nadi dibagi menjadi dua macam yaitu:

a) Nadi Kuat / Penuh (hua mai)

Nadi seperti ini bisa dikenali dengan merasakan adanya denyutan pada ketiga jari yang kita tempelkan pada bagian atas pergelangan tangan.  Nadi kuat menunjukan adanya kualitas gelombang yang agresif serta kandungan unsur yang berlebihan.

b) Nadi Lemah / Kosong (se mai)

Nadi yang lemah (kosong) menunjukan tubuh kekurangan unsur.

Untuk mencapai tingkat mahir (ahli) dalam pengukuran denyut nadi pasien, seorang herbalis dituntut untuk berlatih skillnya dalam mengukur dan merasai berbagai kondisi denyut nadi pasiennya (lebih dari 1000 orang – pen.) serta senantiasa melakukan pengamatan antara hasil pengukuran denyut nadi dengan keadaan sakit yang dialami oleh pasiennya.

TUBUH IDEAL DAN PENYAKIT HILANG

DENGAN PROGAM FOOD COMBINING

Dengan Food Combining (FC), Anda bisa makan enak sampai kenyang, bahkan bentuk tubuh idealpun akan anda dapatkan. Dan hal lain yang sangat menggembirakan adalah beberapa penyakit kronis yang diderita satu persatu lenyap dari tubuh kita.

POLA MAKAN ALAMI

Pola makan alami yang menjadi dasar Food Combining sebetulnya sudah lama di kenal manusia.Akarnya di ambil dari pola makan orang-orang Esseni (bangsa yang hidup di Palestina sekitar 2000 tahun yang lalu). Namun orang yang pertama yang mempopulerkan pola makan FC ini adalah Dr.William Howard Hay, ahli bedah kenamaan pada tahun 20-an di Amerika. Makanya pola makan ini di kenal sebagai Hay System Diet.

Dr. Hay sendiri telah membuktikan bagaimana penyakit ginjal kronis, pembengkakan jantung, dan tekanan darah tinggi yang dideritanya bertahun-tahun sembuh dalam tempo tiga bulan setelah menjalankan FC. Bahkan ¼ bobot tubuhnya yang hampir 100 kg juga lenyap bersama penyakit-penyakitnya. Itulah sebabnya ia berkesimpulan bahwa kesehatan dan vitalitas seseorang sangat tergantung pada pola makannya. ”Your Health What You Eat ! ”

Apa bedanya progam FC dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna yang mengutamakan keseimbangan gizi?

Dahsarnya sama. FC tetap mempertahankan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Hanya saja pola makan ini memperhitungkan siklus pencernaan tubuh manusia-pencernaan, penyerapan, dan pembuangan- yang ternyata berlainan intensitasnya pada pagi hari, siang hari, dan malam hari. Selain itu juga diperhitungkan sifat asam-basa makanan sehingga ada kombinasi-kombinasi makanan tertentu yang yang tidak di anjurkan karena menghambat kelancaran kerja pencernaan tubuh.

SIKLUS ALAMI TUBUH MANUSIA

Berdasarkan penelitian ekstensif tentang siklus fisiologi, ditemukan bahwa setiap fungsi tubuh manusia memiliki irama aktifitas biologi yang bekerja secara sistemastis dalam siklus atau putaran 24 jam tanpa henti. Pencernaan sendiri terdiri dari tiga siklus yang didasarkan pada tiga fungsi tubuh manusia, yaitu menyerap, mencerna, dan membuang yang tidak terpakai. Meski ketiga fungsi ini simultan aktif, setiap 8 jam sehari masing-masing lebih intensif dibandingkan pada siklus-siklus lainnya.

SIKLUS KERJA ORGAN PENCERNAAN

JAM 04.00                               JAM 12.00                               JAM 20.00                               JAM 04.00

PENCERNAAN

PENYUSUNAN/ REGENERASI

PEMBERSIHAN/ DETOKSIFIKASI


Perlu energi dan serat                             Perlu energi yg besar                              Simpan energi

Konsumsi buah-buahan                           Saat yang tepat makan                            Konsumsi buah-buahan

dan susu kedelai                                      nasi,sayur,dan lauk                 dan susu kedelai

Siklus pencernaan sangat intensif antara jam 12 siang sampai jam 20.00. Pada siklus ini energi tubuh lebih banyak dipusatkan ke fungsi pencernaan. Siklus ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi tubuh dengan makanan padat. Kalau pada siang hari perut dibiarkan tak terisi, kita akan merasa lapar sekali.

Siklus penyerapan sangat intensif pada antara pukul 20.00 sampai pukul 04.00. Pada siklus ini terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan. Hambatan pada salah satu siklus dapat mengacaukan siklus-siklus berikutnya, sehingga kita akan merasa grogi pada pagi harinya.

Siklus pembuangan/detoksifikasi sangat intensif antara pukul 04.00 sampai pukul 12.00. Pada siklus ini, energi akan lebih banyak di pakai untuk membantu proses pembuangan. Sampah akan lebih banyak dikeluarkan dalam siklus ini. Banyak orang yang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, tapi tak menyadari bahwa hal ini sangat alami.Karena tubuh tengah melalui siklus pembuangan. Tubuh tidak terlalu membutuhkan makanan padat (nasi, dan daging) yang sulit di cerna dalam kurun waktu tersebut, malah bisa mengacaukan proses pembuangan karena kekurangan energi.

PROGAM FOOD COMBINING YANG DAPAT MEMBANTU PROSES DETOKSIFIKASI DI USUS BESAR (KOLON) DAN PROSES PENYEMBUHAN BERBAGAI JENIS PENYAKIT, SERTA MENDAPATKAN TUBUH YANG IDEAL.

Makan Padat

(Nasi,lauk, dan sayur )

06.00 FOOD

SUPLEMEN HPA

11.00 FOOD

SUPLEMEN HPA

18.00 FOOD SUPLEMEN HPA

22.00 FOOD

SUPLEMEN HPA

JAM 04.00

JAM 12.00

JAM 20.00

JAM 22.00

FASE 1 (8 JAM)

FASE 2 (8 JAM)

FASE 3 (8 JAM)

PEMBERSIHAN/

DETOKSIFIKASI

PENCERNAAN

PENYUSUNAN/

REGENERASI

Konsumsi buah

Dan susu kedelai

Konsumsi buah

Dan susu kedelai

Makan Padat

(Nasi,lauk, dan sayur )

NETRALISIR KEKEBALAN TUBUH

Tubuh manusia memiliki dua sistem detoksifikasi utama untuk menghancurkan racun-racun, yaitu detoksifikasi xenobiotik dan detoksifikasi antioksidan.

Sehari-hari kita terbuka pada zat-zat ber bahaya yang masuk kedalam makanan,minuman,dan udara. Namun mengapa beberapa orang dengan gaya hidup yang tidak sehat—seperti perokok—dapat mempertahankan kesehatan, sementara itu yang memiliki gaya hidup sehat—seperti orang yang tidak merokok—dapat terkena kanker?

Terdapat banyak variable dalam kehidupan seseorang yang mempengaruhi kesehatan mereka,namun pertanyaan ini dapat terjawab dengan melihat kemampuan tubuh dalam membersihkan penyebab kanker dan senyawa berbahaya lainnya.

Dalam penelitian yang di lakukan oleh AMC (Anderson Cancer Center) di University of Texas di temukan bahwa setiap manusia mempunyai gen-gen detoksifikasi pelindung yang kadarnya tiap orang berbeda-beda.

Bagi orang yang memiliki gen-gen detoksifikasi yang kuat,dia dapat mempertahankan kesehatannya dalam waktu yang cukup lama, walaupun gaya hidupnya tidak sehat.

Setiap orang dilahirkan dengan gen-gen detoksifikasi.Gen detoksifikasi ini bekerja paling baik bila didukung oleh gizi dan suplemen yang tepat. Fungsi genetic yang optimal memungkinkan tubuh menyerap gizi dan membersihkan dirinya sendiri dari zat-zat yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu,mutlak bagi kita untuk memilih pola hidup sehat. Berdasarkan pengalaman dan penelitian,orang yang memiliki pola hidup sehat 70 % terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif.

Makanan Tepat Awal Tubuh Yang Sehat

Diet sehat yang banyak mengandung buah-buahan,sayur-mayur,padi-padian,dan polong adalah kunci dalam menghadapi efek buruk kesehatan dari lingkungan yang terpolusi. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan membuka akses pada sumber –sumber gizi vital yang membantu kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi.

Sebaliknya, gizi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan buruknya kinerja gen-gen detoksifikasi.Keadaan ini akan melemahkan system imuniti tubuh,yang selanjutnya dapat diperparah oleh polutan (zat-zat polusi).Keadaan ini dapat menyebakan kanker,penyakit jantung, artitis ,dan penyakit degeneratif lainnya.

Flavanoid Adalah  Agen Detoksifikasi yang Kuat

Flavanoid yang ditemukan dalam tumbuhan tertentu menjadi lompatan awal bagi mekanisme pembersihan tubuh yang bisa membantu mencegah kanker. Tidak kurang dari 200 penelitian yang telah dipublikasikan,yang menyatakan bahwa diet kaya buah-buahan,sayur-sayuran,padi-padian,dan polong dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker (degeneratif). 35 % dari seluruh jenis kanker di pengaruhi oleh diet dan gizi. Phytokimia yang terdapat dalam buah,sayur,padi,dan polong dapat mengisi ulang system detoksifikasi tubuh. Contoh Phytokimia berupa Flavanoid dan             D-glukarat, merupakan senyawa detoksifikasi potensial yang ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Senyawa sulfur yang ditemukan dalam bawang bawangan; diterpenoid dan  triterpenoid dalam rosemary dan rempah-rempah; fenolik dan poliphenolin yang terdapat dalam teh dan kopi merupakan Phytokimia lainnya yang dapat memaksimalkan kerja gen-gen detoksifikasi

Dua system Detoksifikasi Utama pada Tubuh

Seluruh manusia memiliki duan sistem detoksifikasi utama yang berguna untuk menghancurkan bahan-bahan berbahaya dari dalam tubuh, yaitu Detoksifikasi :

- Xenobiotik dan Detoksifikasi Antioksidan.

- Sistem Detoksifikasi Xenobiotik

Sistem Detoksifiksi Xenobiotik

Detoksifikasi Xenobiotik akan menghancurkan zat-zat kimia dan logam berbahaya dari makanan,minuman,dan udara. Sistem ini juga menetralkan bahan-bahan yang berbahaya yang diproduksi dalam tubuh. Selama proses detoksifikasi,yang mana terdiri dari tipe reaksi enzimatik yang rumit,tubuh akan melakukan metabolisme atau mengubah  bahan-bahan toksid menjadi bentuk yang kurang berbahaya (tahap I) dan bila perlu mengubahnya menjadi zat yang larut dalam air (tahap II). Bentuk ini  merupakan syarat sebelum tubuh dapat mengancurkannya.

Sumber Toksin yang dikendalikan oleh sistem Detoksifikasi Xenobiotik yaitu yang  berasal dari lingkungan dan dari dalam tubuh.

Toksin dari lingkungan meliputi : kebiasaan merokok,produk tembakau, obat-obatan tertentu,efek samping pembakaran daging yang di bakar/panggang,pestisida,pewarna makanan.

Sumber Toksin dari dalam tubuh : androgen,estrogen,steroid,asam empedu,dan bahan selular lainnya.

D-glukarat adalah agen detoksifikasi Xenobiotik yang potensial.

Kadar yang menguntungkan dari D-glutarat dapat kita temukan pada keluarga kubis, seperti : kol, brokoli, seledri, alfalfa,dan kecambah. Buah apel, ceri, alpukat.

Dalam perannya sebagai penghambat,D-glukarat terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara,prostat,paru-paru,usus besar,kandung kemih,dan kanker kulit. Kadar D-glukarat yang tinggi dalam darah sering dihubungkan  dengan penurunan resiko kanker dan sebaliknya bila kadar D-glukarat rendah dalam darah sering dihubungkan dengan pengingkatan resiko kanker. D-glukarat juga terbukti menurunkan kadar trigliserida,dan LDL.

Sistem Detoksifikasi Antioksidan

Detoksifikasi Antioksidan adalah proses penghentian atau penghancuran spesies yang re-aktif terhadap oksigen, yang merupakan kategori terpenting dari radikal bebas. Radikal bebas dapat kita analogikan sebagai perubahan elektrik yang tidak stabil—percikan – yang bila tidak dikendalikan dapat menyebabkan kondisi toksin serius dalam tubuh. Radikal bebas dapat dihasilkan dari faaktor-faktor lingkungan seperti kebiasaan merokok dan polutan lain atau yang  berasal dari efek samping reaksi internal seperti respirasi mitokondria (penggunaan oksigen untuk menghasilkan enegri),efek samping dari metabolisme kimia,peradangan akibat kerja fisik,olah raga dan konsumsi kalori yang berlebihan. Radikal bebas yang berlebihan akan mengambil elektron dari jaringan yang normal dan sehat,yang akan menciptakan keruskan serius pada sel-sel tubuh.Bahkan yang paling serius, ternyata radikal bebas yang tidak terkontrol dapat mengubah struktur DNA. Hal ini dapat menyebabkan mutasi dan perubahan program gen. Keadaan ini dapat memicu proses kanker. Penyakit parkinson, katarak,arterosklerosis, abnormalitas sperma,emfisema,anemia, proses penuaan, dan stroke sering dihubungkan dengan jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Untungnya radikal bebas dapat dihancurkan oleh elemen-elemen berikut :

- Reaksi enzimatik antioksidan speseifik

- Antioksidan yang ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman alami

- Phytokimia tertentu dengan sifat antioksidan, termasuk flavanoid, sulfur, terpenoid yang ada dalam buah-buahan,sayuran,padi-padian dan polong

Radikal bebas tidak selalu merugikan

Dr.Goldschmidt dalam ”jurnal of Circulation Research” menyatakan bahwa oksidan sering menimbulkan efek positif terhadap proses perbaikan pembuluh darah akibat pengendapan kolesterol. Selain dari itu,sel-sel kekebalan pelindung tubuh yang dikenal sebagai makrofag akan menggunakan radikal bebas untuk membunuh virus dan bakteri. Radikal bebas akan berbahaya jika jumlahnya berlebihan. Untuk menentukan kadar radikal bebas dalam setiap individu, biasanya di ambil sample urine atau darah mereka.

Antioksidan terbagi dua,yaitu antioksidan endogen berupa enzim dan antioksidan exogen yang berasal dari luar.

Enzim antioksidan secara sistematis akan menghancurkan berbagai radikal bebas dan spesies oksigen rekatif lainnya.Setiap individu mewarisi enzim-enzim antioksidan yang kadarnya berbeda-beda.Bagi yang mewarisi  kadar enzim antioksidan tinggi tidak perlu khawatir menangani masalah radikal bebas. Tapi bagi yang memiliki kadarnya sedikit, perlu mendapatkan perhatian seirus dengan cara menjalankan pola hidup sehat.

Contoh enzim antioksidan yang berperan aktif dalam menghancurkan radikal bebas antara lain SOD (superoxida dismutases),katalase,peroksida glutation,reduktase glutation, reduktase tioredoksin,dan asam askorbat (Vit C).

Sel-sel tubuh kita menghasilkan banyak bahan kimia dengan kegiatan antioksidan terhadap radikal bebas.Salah satu contohnya glutation,koenzim Q10 (CoQ10), asam alfa lipoat, L-metionin,L-glutamin,taurin,bilirubin,sistein. Antioksidan ini membantu melindungi DNA,protein, dan lipid penting dari kerusakan radikal bebas.

Sayur mayur, buah-buahan, padi-padian,dan polong banyak mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, seperti vitamin E, vitamin C (asam askorbat) dan beberapa karotenoid, termasuk betakarotin,lutein,dan lisopen. Makan makanan ini juga mengandung phytokimia dengan sifat anti oksidan, termasuk flavanoid, isoflavon (senyawa yang mengandung sulfur) dan terpenoid.

Selain efek langsung kegiatan antioksidan yang menjaga kadar radikal bebas, antioksidan juga mendukung proses detoksifikasi secara keseluruhan. Sistem detoksifikasi xenobiotik dan detoksifikasi antiokasidan saling bekerjasama menurunkan beban toksin dan radikal bebas, sehingga memungkinkan seseorang untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Sumber Radikal bebas yang di tangani oleh Sistem Detoksifikasi Antioksidan yang berasal dari lingkungan meliputi : kebiasaan merokok, radiasi, sinar ultra violet, ozon, pestisida, pelarut sintetis,hasil industri. Dari dalam tubuh berupa respirasi energi, makan berlebihan,peradangan, reaksi terhadap besi dan logam lain, olahraga berlebihan.

Saran Untuk Meningkatkan Kemampuan Detoksifikasi Tubuh Kita

  1. Jangan merokok atau mengizinkan orang lain merokok di depan anda. Produk tembakau (rokok-red) menyumbang sebesar 30 % dari semua jenis kanker.Tembakau yang ada dalam rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker tenggorokan, kanker ginjal, kanker kandung kemih,dan kanker pangkreas. Asap dari rokok dan produk tembakau lainnya mengandung 4000 bahan kimia dan gas berbahaya, termasuk poliakrilik aromatik hidrokarbon, benzena, heterosiklik amina, nitrosamine, elemen radioaktif, karbon monoksida, dan promotor tumor serta bahan carsinogen lainnya.Zat nitrosamine ynng terdapat dalam asap rokok merupakan agen karsinogen yang paling berbahaya. Salah satu cara yang paling efektif untuk detoksifikasi zat ini adalah dengan mengkonsumsi sayuran jenis cruciferae seperti seledri air. Phytokima lain yang efektif untuk detoksifikasi zat nitrosamine adalah D-glukarat,silymarin,flavanoid yang berasal dari anggur dan teh hijau.
  2. Hindari berada di bawah radiasi sinar matahari langsung dan sinar-X secara berlebih. Radiasi sinar matahari,terutama antara pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore dapat menjadi sumber utama radikal bebas penghancur DNA, yang dapat menimbulkan kanker kulit (karsinoma dan skuamosa) serta penuaan dini.Gunakanlah baju pelindung yang memadai dan sering-seringlah minum teh hijau alami . Selain itu hindari penggunaan sinar-X secara berlebihan, gunakan saja bila hanya bila di anjurkan oleh dokter tertentu.
  3. Hindari konsumsi daging yang dibakar,di asap dan di goreng dengan minyak berulang-ulang. Daging yang di bakar/di asap/di goreng kaya akan zat karsinogen terutama PAH, nitrosamine,dan heterosiklik. Zat –zat karsinogen ini merupakan promotor terbentuknya kanker yang sangat berbahaya. Para peneliti di Lawrence Livermore Laboratory California membuktikan bahwa ayam atau daging yang akan di bakar/di goreng/di asap bila direndam terlebih dahulu dengan minyak zaitun,lemon,cuka,bawang putih dan mustard akan membantu menetralisir bahan kimia berbahaya. Bagi mereka yang tidak bisa mengurangi daging yang di bakar/di goreng/di asap, tidak ada pilihan lain bila ingin mengurangi resiko terkena kanker wajib minum tah hijau,terutama teh pegagan yang di campur gula batu.
  4. Hindari makanan yang di awetkan. Nitrosamine juga dapat terbentuk saat nitrit (pengawet makanan) di konsumsi bersama makanan yang mengandung amina atau obat-obatan tertentu dalam lingkungan perut yang asam. Banyak mengkonsumsi asam askorbat (Vit C) adalah cara efektif untuk detoksifikasi akibat dari toksin yang ada dalam pengawet makanan dan minuman.
  5. Biasakan minum air putih tidak kurang dari 2,5 ltr/hari, terutama air murni yang higienis. Salah cara mendapatkan air ini adalah air yang sudah di masak di masukan dalam tempat minum yang di buat dari tanah liat.
  6. Hindari penggunaan pestisida,herbisida,dan sejenisnya pada tanaman. Gunakan selalu pupuk organik atau pupuk kompos.
  7. Hindari makan ikan yang di ambil dari laut,danau, atau sungai dekat lokasi pabrik atau pembuangan limbah atau menggunakan pakan kimia sintetik. Hanya gunakan ikan yang betul-betul terjaga lingkungan hidupnya dari polusi terutama yang berasal dari kutub utara seperti ikan tenggiri biru.
  8. Lindungi rumah anda dari udara yang terpolusi. Kualitas udara dalam ruangan mempengaruhi kita setiap harinya dan sering kita abaikan. Dalam penelitian yang di lakukan oleh University of California di sebuah kota industri di Bertkeley, di temukan bahwa keterbukaan pada polusi udara dalam rumah mencapai 70 kali lebih tinggi daripada kadar polusi yang ada di luar rumah. Sumber karsinogen yang ada dalam rumah berasal dari asap rokok, pengharum ruangan, obat nyamuk, minyak wangi, pewangi pakaian. Sangat penting untuk menyediakan ventilasi yang baik guna kelancaran sirkulasi udara.Pastikan kita mempunyai pekarangan yang ada pot yang di tanami pohon lidah mertua atau bidara cina, karena kedua pohon ini dapat menyerap bahan-bahan yang berbau.
  9. Pilihlah produk rumah tangga, termasuk bahan –bahan bangunan yang rendah kadar kimia sintetiknya. Banyak alat rumah tangga mulai dari perlengakapan dapur, hiasan dinding, cat tembok, bahkan pembersih pakaian atau detergen merupakan contoh penyuplai zat karsinogen yang jarang kita sadari. Banyak di antara produk-produk di atas yang mudah menguap zat kimianya dan cepat sekali berkontaminasi dengan makanan, minuman, dan tubuh kita.
  10. Minimalkan debu di rumah kita, bersihkan jamur yang ada dalam ruangan atau dinding rumah.Debu di dalam rumah merupakan salah satu sumber racun timbal pada anak-anak. Pastikan karpet dan lantai kita di bersihkan secara rutin, jangan tunggu sampai tebal. Hal lain yang harus menjadi perhatian saat membersihkan debu adalah ventilasi yang baik.Air yang mengembun dalam sistem pendingin dan pengering udara adalah tempat-tempat yang mudah tumbuhnya jamur, termasuk rumah yang kurang ventilasi (lembab) juga merupakan tempat tumbuhnya berbagai jamur.
  11. Pikirkan kembali cara menyimpan baju. Kamper untuk penyimpanan dapat menghasilkan uap napthahalene,suatu karsinogen. Sebagai alternatif, simpan pakaian dalam lemari yang kedap udara—tanpa kamper. Pilihlah daun lavender, daun bay atau daun cedar sebagai penggantinya. Pakaian yang di dry—claen biasanya di beri perkloroetilen (perk), suatu pelarut beracun yang dapat mempengaruhi kesehatan pekerja yang menggunakannnya.Bila pakaian berbau bahan kimia, gantung pakaian tersebut du luar ruangan atau ruangan yang memiliki ventilasi yang baik. Jangan langsung memakai pakaian yang baru di beli, tapi cucilah terlebih dahulu.
  12. Bacalah label pada produk-produk perawatan pribadi.Biasakan untuk selalu membaca label produk pada setiap produk, terutama produk perawatan pribadi. Bahan kimia yang mudah menguap pada kuteks, hairspray dan minyak wangi adalah aerosol propellant, zat pewarna buatan, dan pewangi, serta minyak gas yang mudah di serap oleh kulit dan rambut. Bahan kimia yang dikenal sebagai dibutilphalate (DBP) biasanya digunakan untuk membuat pewarna kuku,kosmetik,dan minyak wangi telah terbukti menyebabkan kelainan pada kelahiran pada hewan. Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh Centers for Disease Control dan Prevention’s National Center for Environmental Health di Amerika, telah di temukan adanya DBP dalam air seni 289 orang sample. Gunakan selalu perawatan alamiah yang tidak mengandung DBP dan al kohol atau zat turunannnya.
  13. Cucilah hasil bumi beberapa kali.Sangatlah penting untuk mencuci buah-buahan dan sayur-sayuran di bawah air mengalir, bahkan untuk produk organik yang dapat menyerap bahan kimia dari tanah atau lingkungan. Pastikan bahan – bahan pestisida yang ada di dalam dapat minimalisir. Untuk lebih memaksimalkan hasil pencucian dapat di gunakan air yang hangat, jangan gunakan air dingin. Kelarutan bahan kimia akan meningkat seiring dengan tingginya suhu.
  14. Hindarkan anak –anak dari mainan yang terbuat dari plastik. Zat ftalat yang terkandung dalam mainan kadarnya bisa mencapai setengah dari berat mainannya. Selain ftalat, timbal dan kadmium sering di gunakan juga sebagai bahan dalam mainan anak-anak. Zat-zat ini dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf dan mengurangi kecerdasan, menyebabkan kerusakan ginjal dan memicu kanker paru-paru. Bahan lain yang banyak terdapat dalam mainan adalah bahan pelembut diisononyl phthalate (DINP). DINP dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, kecacatan sistem perkembangbiakan, memicu timbulnya kanker,meniru kerja hormon estrogen dan menggangu metabolisme tubuh.
  15. Minimalkan menggunakan cangkir, pembungkus, atau botol susu bayi yang terbuat dari plastik tipis/sedang, karena ada senyawa kimia bisphenol—A (BPA) yang mudah menguap dan bercampur dengan makanan atau minuman yang ada di dalamnya bila di panaskan. Disamping senyawa BPA, pada umumnya hampir semua produk yang terbuat dari plastik di tambah pelembut ftalat. Kedua zat ini merupakan karsinogen yang dapat mengganggu sistem hormon dan metabolisme tubuh. Pakailah alat-alat yang terbuat dari gelas atau keramik tanah liat untuk meminimalisir keracunan. Selalu gunakan botol bayi yang terbuat dari  botol kaca, mungkin lebih berat dan mudah pecah, tapi bayi akan terhindar dari keracunan zat yang ada dalam botol plastik
  16. Hindari dari menggunakan wadah makanan yang terbuat dari gabus dan minimalisir mengkonsumsi mie instan. Zat stirena (lilin) yang ada dalam wadah gabus dan mie instan dapat menyebakan kerusakan hati,ginjal, serta degupan jantung menjadi tidak teratur. Stirena ini yang membuat mie tidak lengket satu sama lain saat dimasak. Tubuh yang normal perlu 2 hari untuk membersihkan lilin yang melapisi mie instan. Mengkonsumsi mie yang mengandung lilin, apalagi di kemas dalam gabus dapat menyebabkan tubuh beresiko terkena kanker.
  17. Perbanyak konsumsi sumber antioksidan alami seperti :

ü Vitamin E (alpukat,kecambah,kedelai)

ü Vitamin C (Rosell,pepaya,jeruk,jambu biji,apel)

ü Vitamin A (Wortel,pisang raja,tomat)

ü Senyawa fenolik (jahe,bawang putih,kunyit,pegagan)

ü Senyawa anthosianin (ubi gledek,ubi jalar ungu,strobery)

ü Senyawa isoflavon (tempe).

CARA NABI MENGOBATI JANTUNG
Abu Dawud meriwayatkan bahwa Sa’ad mengatakan : ”Pada suatu waktu, saya terserang penyakit dan Rasulullah saw. Datang menjengukku lalu  meletakan tangan beliau di tengah-tengah dadaku, sampai jantungku terasa dingin. Beliau lalu bersabda: ”Engkau mengeluhkan jantungmu, cobalah datangi Abu Kaladah dari suku Thaqif, karena dia mengetahui tentang obat. Biarkan dia mengambil tujuh buah kurma dari Madinah, gilinglah dengan biji-bijinya kemudian pergunakan itu untuk obatmu.”

Kurma pada umumnya, kurma kering khususnya, terutama sekali dari Madinah memiliki manfaat yang banyak sekali dan khusunya amat efektif dalam mengobati jantung. Menggunakan tujuh buah kurma merupakan keutamaan yang hanya di dapat melalui wahyu.

Dalam shahih Bukhari Muslim diriwayatkan bahwa Sa’ad bin Abu Waqas berkata,”Rasulullah saw bersabda: ”Siapa saja yang memakan tujuh buah kurma dari daerah Al-Aliah ketika dia bangun di waktu pagi maka tidak ada satupun racun atau sihir akan membahyakannya pada hari itu.”

Kurma itu hangat pada tahap kedua dan kering di tingkat pertama. Kurma itu merupakan makanan sehat, terutama sekali bagi mereka yang makanan hariannya mengandung kurma, seperti orang-orang madinah. Kurma adalah kenis makanan paling baik bagi penduduk dari negeri-negeri panas dan agak panas, lebih-lebih lagi bagi penduduk dari daerah dingin yang pada dasarnya mempunyai temperatur tinggi. Sementara yang tinggal di daerah panas mempunyai temperatur lebih dingin.

Kurma adalah jenis buah-buahan yang mengandung nilai gizi yang tinggi dan berguna dalam hal pengobatan penyakit. Menggunakan tujuh buah kurma mempunyai makna spirituil dan materil yang sangat penting. Allah telah menciptakan tujuh lapis langit, tujuh lapis bumi, tujuh hari dalam seminggu, dan membuat makhluk (manusia) melalui tujuh tahapan. Juga, Allah membuat Tawaf tujuh putaran dan Sa’i juga tujuh balikan antara Safa dan Marwa. Juga Jamarat dilakukan dengan masing-masing melemparkan tujuh buah batu kerikil dan takbir pada shalat Ied dilakukan tujuh kali. Sebagai tamzat, Nabi saw. Mengatakan tentang anak-anak kecil,”Perintahkanlah anak-anak untuk shalat ketika mencapai tujuh tahun.”

Allah telah  telah pula mengirimkan angin perusak pada kaum ’Ad selama tujuh malam berturut-turut. Allah mengumpamakan orang yang berderma seperti  biji gandum yang tumbuh dengan tujuh tangkai dan masing-masing mempunyai seratus biji. Jumlah tujuh memiliki makna yang penting sekali dan hanya Allah sajalah yang mengetahui sepenuhnya hikmah yang terkandung di dalamnya.

Hadits yang menyatakan keutamaan kurma ini menunjukan bahwa buah ini amat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Seandainya saja Hipocrates atau Galinus  yang mengeluarkan pernyataan ini (hadits .red) maka para dokter dan pakar nutrisi akan berlomba – lomba untuk mempopulerkan buah kurma. Oleh sebab itu, maka hendaklah umat muslim, khususnya para ahli gizi atau pakar kesehatan sudah memulai menganjurkan buah kurma ini, karena jelas-jelas Rasulullah saw. menyatakan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kurma bukanlah hanya makanan orang Timur Tengah saja (khususnya orang Arab), tapi hendaknya menjadi bagian dari makanan kita sehari-hari. Saat ini kurma mudah di dapat, mengapa pula kita tidak mau atau enggan mengkonsumsinya. Kita lebih senang mengkonsumsi  makanan yang hanya enak di mulut dan mengeyangkan, tanpa memperhatikan apakah dia bermanfaat atau tidak untuk sel tubuh kita atau organ tubuh. Seringkali kita mengkonsumsi makanan –makanan yang didalamnya banyak mengandung zat-zat membahayakan dalam waktu yang akan datang seperti perasa, pengawet, pewarna sintetis.

Insya Allah dengan mengkonsumsi buah kurma ini kita akan mendapatkan kesehatan dan jauh dari gangguan penyakit (jantung dan sihir) dan selain daripada itu kita telah mencoba untuk mengikuti apa yang di contohkan oleh Rasul dan para sahabat, karena kita mengetahui bahwa Rasulullah orang yang pandai menjaga kesehatan dengan salah satu buah kesukaannya yaitu kurma. (Pengobatan Menurut Petunjuk Nabi;Ibnu Qoyyim)

Inspeksi LidahLidah diperiksa sebagai salah satu indikator diagnosis.   Ukuran, bentuk, warna dan kebasahan batang lidah dan saluran merupakan bagian yang harus diperiksa.


Diagnosa Lidah :1. Jantung

2. Lever (Hati) dan Hempedu

3. Perut dan Limpa

4. Ginjal

Tabel 1.  Inspeksi Warna Lidah

No. Warna Lidah Kondisi Penyakit
1. Merah Pucat dengan salutan tipis Normal
2. Keputih-2an (lebih pucat dari normal) Kekurangan Energi Vital & Darah
3. Memerah (lebih merah dari normal) Panas
4. Batang lidah Merah Panas tinggi
5. Biru atau Ungu Darah tersumbat

Catatan : Jika warna lidah berubah dari kelabu ke hitam abu; atau dari ungu pucat ke biru tua; atau muncul saluran putih mirip jamur dan bercak-bercak; atau mirip pipihan salju; semua ini menandakan penyakit pasien telah sampai pada tingkat yang sangat berbahaya.

Tabel 2.  Inspeksi Bentuk Lidah

No. Bentuk Lidah Kondisi Penyakit
1. Berbentuk buah plum Kekurangan fungsi vital limpa dan ginjal
2. Tipis dan mengerut Kekurangan Energi Vital & Darah atau panas dalam
3. Kaku Hambatan Saluran dan Kolateral
4. Bengkok ke satu sisi Apopleksi (lumpuh karena pendarahan otak)
5. Bergulung Habisnya cairan tubuh
6. Bergetar Panas dalam dan kekurangan tenaga vital ginjal
7. Licin seperti cermin Kekurangan esens vital lever dan ginjal
8. Berduri dan kering yang disebabkan oleh pembesaran sel-sel kuncup2 perasa.  Panas yang tinggi dalam organ dalam
9. Batang lidah kehitaman dan lembab Kedinginan.  Faktor-2 Patogen telah mencapai keseluruh organ dari tangan maupun kaki.

Tabel 3.  Contoh Keadaan Lidah
Ciri-ciri Masalah
q       Lidah keringq       Warna merah terang; Kasar

q       Berparit; Kurang selaput putih.

q       Poliurea atau kencing banyakq       Masalah Ginjal (Kekurangan air)

q       Licinq       Selaput putih nipis

q       Hilangnya pupa (gelembung lidah)

q       Sejukq       Kelemahan di perut

q       Kelemahan pada spleen

q       Hujung lidah berwarna merah terangq       Selaput putih tebal di tengah

q       Panasq       Kolesterol tinggi

q       Ada tekanan darah tingi

q       Berparit di tengah kawasan limpa dan perutq       Selaput putih yang jelas

q       Peradanganq       Mukos

q       Angin panas

q       Selaput lidah tebal, kuning bercampur hitamq       Lidah kering dan Berparit

q       Serangan kuman didalam tubuhq       Racun terlalu tinggi

q       Peringkat degenaratif.

q       Pucatq       Dingin

q       Ginjalq       Kurang darah
q       Pucatq       Selaput lidah putih

q       Kebiasaannya muka pesakit berwarna pucat kekuning-kuningan. Dan Kurang darah
q       Pinggirnya tidak rata seolah-olah bekas tergigitq       Berparit; Lidah nampak agak melebar

q       Terlalu panas di limpa & ginjal
q       Kemerah-merahan; Keringq       Banyak parit-parit dalam

q       Selaput putih tidak merata

q       Kurang airq       Kurang darah
q       Kemerah-merahanq       Kering

q      

q      

q      

q      

q       Berparit

q       Pesakit baru sembuh daripada penyakit yg disebabkan kuman
q       Gemuk; Merah mudaq       Pinggirnya tidak rata

q       Ginjal dan limpa
q       Kurus dan tipis; Agak merahq       Selaput lidah putih dan sedikit menbal

q       Penderita kekurangan tenaga
q       Pinggir lidah berwarna merah tua

q       Panas di hati dan hempedu
q       Pinggir hujung lidah terdapat becak-becak warna ungu kehitam-hitaman. q       Terdapat kanserq       Ketumbuhan
q       Lidah kaku tidak dapat dikeluarkan daripada mulut q       Selaput putih yang amat tebal

q       Mukosq       Tidak boleh berbicara dan menelan

q       Ada serangan kuman dan Kesedaran menurun

q       q       Lidah tertarik ke sebelah kanan

q       Selaput putih tebal.

q       Stroke

BACK TO NATURE, BACK TO ISLAM, BACK TO SUNNAH

Rahasia di balik kesehatan Rasulullah SAW

Segala puji bagi Allah swt. Penguasa seluruh alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para sahabat, keluarga, dan para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

Dua nikmat yang sering di lupakan manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang. Dalam hal kesehatan, Rasulullah SAW merupakan seorang Rasul yang memberikan perhatian sangat besar pada bidang kesehatan (Thibbun Nabawi), namun sangat di sayangkan banyak di kalangan umat Islam saat ini, bila menderita suatu penyakit sering berobat dengan cara yang tidak sesuai dengan apa yang di anjurkan oleh Rasulullah SAW, sehingga kalaupun mendapatkan kesembuhan tapi tidak ada berkahnya, apalagi sampai sakit berkepanjangan, banyak yang semakin jauh dari rahmat Allah.

”Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan setiap penyakit obatnya, maka berobatlah kamu sekalian ,tetapi jangan berobat dengan yang haram.”

(HR. Abu Dawud)

Dari hadits di atas kita mendapatkan gambaran, bahwa dalam hal berobat tidak cukup dengan hanya ungkapan “yang penting sembuh” tapi harus juga sesuai dengan syariat Islam, yaitu jauh dari hal- hal yang di haramkan, seperti dalam mendiagnosa  membuka aurat, bersentuhan, obat yang di gunakan mengandung zat-zat yang beracun dan binatang yang di haramkan, dll.

Dalam hal berobat hendaklah kita memperhatikan beberapa prinsip pengobatan Islam, yaitu :

1. Prinsip keyakinan, yaitu bahwa yang menyembuhkan adalah Allah SWT.

  1. Menggunakan obat yang halal dan thoyyib (baik), serta tidak sekali-kali menggunakan obat-obatan yang haram atau bercampur dengan bahan yang haram.
  2. Prinsip pengobatan yang tidak membawa mudharat (bahaya), tidak mencacatkan (merusak) tubuh.
  3. Tidak berbau tahayul, kurafat, dan bid’ah.
  4. Mencari yang lebih baik berdasarkan kaedah Islam dan ilmu-ilmu perobatan.
  5. Mengambil sebab melalui ikhtiar (berusaha) serta tawakal (berserah diri).

Allah swt amat kasih dan sayang kepada umat manusia, melalui kekasih-Nya Rasulullah SAW, Allah mengajarkan kepada manusia bagaimana cara merawat dan memelihara kesehatan, di antaranya :

Hijamah (Bekam)

Hijamah sudah di kenal sejak jaman purba, yaitu sejak jaman

kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia,

Mesir, Saba dan Persia.

Dalam ilmu kedokteran Islam, Hijamah di praktekan secara

hati-hati, yaitu hanya dilakukan pada kasus pembekuan/penyumbatan

dalam pembuluh darah, karena fungsi hijamah sesungguhnya adalah

untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh/ badan.

“Kesembuhan itu ada dalam 3 hal, yaitu minum madu, hijamah (bekam), dan besi panas (kay), tapi aku melarang umatku dengan kay.”

(HR. Bukhari).

“Sebaik-baik  sesuatu yang kamu pergunakan menjadi obat adalah bekam.”

(HR.Bukhari Muslim)

Hijamah merupakan suatu  teknik pengobatan yang di contohkan oleh Rasulullah SAW yang telah lama di praktekan oleh manusia sejak jaman dulu kala, kini pengobatan ini telah di modernkan dan mengikuti kaedah-kaedah ilmiah, dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif serta tanpa efek samping. Adapun teknik pengobatan Hijamah adalah suatu proses membuang darah kotor  (toksid/ racun) yang berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.

Toksid/ racun adalah endapan racun/ zat kimia yang tidak bisa di urai oleh tubuh kita, sedang yang di maksud “darah kotor” adalah darah yang mengandung toksid/ racun atau darah statis yang menyumbat peredaran darah, sehingga system peredarannya tidak lancar. Timbunan racun/ toksid yang terdapat dalam darah manusia menyebabkan tidak berfungsinya mekanisme pertahanan tubuh (system immune tubuh).

Kondisi ini sedikit demi sedikit akan menganggu kesehatan, baik fisik maupun mental. Akibatnya badan terasa lesu, murung, resah, linu, pusing, dan senantiasa merasa kurang sehat, cepat bosan dan cepat naik pitam. Di tambah lagi dengan angin yang sukar di keluarkan dari dalam tubuh, akibatnya tubuh mudah terkena jangkitan penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti influenza sampai dengan penyakit degeneratif seperti stroke, darah tinggi, kanker, diabetes, bahkan sampai dengan gangguan kejiwaan.

Toksid/racun yang berada dalam tubuh berasal dari :

Pencemaran udara, seperti asap kendaraan, asap pabrik, pembuangan limbah kimia, dll.

Makanan siap saji (fast food), karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk tubuh, seperti zat pengawet, zat pewarna, zat aroma (essense), penyedap rasa (MSG/ Mono sodium Glutamat).

Hasil Pertanian/ perkebunan yang menggunakan pestisida, insektisida, fungisida,  herbisida.

Kebiasaan buruk (bad habit), seperti merokok, makan tidak teratur/ bersih), makan tidak seimbang, terlalu panas atau dingin, terlalu asam, dll.

Obat-obatan kimia, karena mempunyai efek merusak organ atau mikroba yang normal dalam tubuh. Misalnya pada pasien penderita asan urat, maka obat-obatan yang di berikan mempunyai efek samping pada ginjal sehingga akan mengakibatkan gagal ginjal kronik dan harus cuci darah.

Beberapa gejala akibat “Toksinasi” :

  1. Pada usia muda sudah mengalami penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes,

hypertensi, gagal ginjal, dll.

  1. Terjadinya kerusakan spermatozoid dan sel telur, sehingga tidak subur, mandul.
  2. Menurunnya tingkat kecerdasan, pelupa, kurang konsentrasi.
  3. Terjadi pengendapan toksid di dalam usus, hati, ginjal, serta jantung dan saluran darah.
  4. Meningkatnya depresi, stress,dll.
  5. Mikroba positif (probiotik) dalam tubuh akan musnah dan merusak sistem pencernaan.
  6. Menurunnya sistem imuniti (kekebalan) tubuh.

Beberapa penyakit yang insya Allah dapat di atasi dengan hijamah (Bekam) :

Asam urat, rematik, migrain, sesak nafas, masuk angin, kesemutan, asma, sembelit, pegal-pegal, nyeri bahu, hypertensi, impotent, jerawat, narkoba, dll.

Hijamah/ bekam adalah Perobatan Islam yang Rasulullah SAW amalkan sehingga menjadi Sunnah Rasul. Orang Cina dan Eropa berdasarakan catatan sejarah adalah orang-orang yang mengamalkan dan mengutamakan teknik pengobatan bekam. Mengapa pula kita sebagai orang muslim yang sepatutnya mewarisi perobatan ini tidak mencoba memperkenalkan pengobatan Hijamah sebagai Pengobatan Alternatif di samping menggunakan Obat Alamiah (Herba).

“Orang yang berpegangan kepada sunnahku pada saat umatku di landa kerusakan,maka pahalanya seperti seorang syahid”

(HR. Athabrani)

“Barangsiapa menghidupkan sunnahku sesungguhnya dia mencintaiku, barangsiapa mencintaiku dia bersamaku di dalam surga.”

(HR. Abu Dawud)

10 Tanggapan

  1. {My husband and i|My spouse and i|My wife and i} {ended up being|felt|got|have been|were} {|absolutely|now|quite|really|so|very} {cheerful|comfortable|contented|delighted|ecstatic|excited|fortunate|fulfilled|glad|happy|joyful|joyous|lucky|more than h…

    Thanks for your whole effort on this web site. Ellie really loves engaging in investigation and it’s obvious why. Most of us know all concerning the powerful tactic you make precious tricks through the blog and even inspire contribution from others on…

    • Thank you again, I was so embarrassed because you flatter me.
      I think you become more familiar with a variety of things role in the world of technology that is able to present the best possible science to the public, which increasingly kitra away from an authentic historical record of evidence before us …

  2. Hey there, You’ve done an incredible job. I will definitely digg it and individually suggest to my friends. I am sure they will be benefited from this web site.

    • Thank you for your visit …
      I am so ashamed of your excessive praise
      should I ask for your guidance and how to present better quality of course
      greeting acquaintances.

  3. Many thanks. You¡¯ve got shared a few very powerful and informative words of advice with me at night. Thank you so a lot to take time to listen to my personal problem and for your assist. May perhaps Our god bless you.Cheap Moncler Jackets,Moncler Jacket,Moncler Jackets

    • Thank you for your visiting my simple page, only a handful of meaningless but you still can impress, you are amazing to me …

  4. wow….beautiful….
    Gucci New Era Hats
    Red bull Caps

    • thank you … Your praise,
      I think this simple page … nothing special

  5. Please figure out the idea worked correct? My spouse and i please don’t want to sumit the idea yet again plainly don’t have to! Possibly the blog glitced out and also i will be a great idiot, the second assortment doesnt amaze everyone hahah. many thanks in the excellent web site!

    • Excessive praise you, I’m so ashamed ..
      thanks your visit …
      I know you have outstanding advantages regards all things ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: